Jokowi Bahas Hilirisasi Hingga Investasi Di Indonesia Pada APEC 2023

Tangkapan Layar - Presiden Jokowi saat menyampaikan pidatonya di acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) APEC 2023 di San Francisco, Amerika Serikat. (gemapos/Ytb sekretariat presiden)
Tangkapan Layar - Presiden Jokowi saat menyampaikan pidatonya di acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) APEC 2023 di San Francisco, Amerika Serikat. (gemapos/Ytb sekretariat presiden)

Gemapos.ID (Jakarta) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) APEC 2023 di San Francisco, Amerika Serikat. Pertemuan para pemimpin APEC itu dibuka langsung oleh Presiden Amerika Serikat Joe Biden.

 Berdasarkan keterangan tertulis dari Biro Pers Sekretariat Presiden, APEC Economic Leaders' Informal Dialogue and Working Lunch mengangkat tema 'Sustainability, Climate and Just Energy Transitions'. Acara tersebut digelar di Moscone Center, San Fransisco, Amerika Serikat, Kamis (16/11/2023) waktu setempat

Pada acara tersebut, presiden Jokowi mengundang para pengusaha dan CEO dunia dalam acara tersebut untuk melakukan investasi di Indonesia. Jokowi mengawali penyampaiannya dengan menjelaskan bahwa indonesia menjadi salah satu peluang masa depan ekonomi dunia.

”Kita Tahu, ekonomi dunia diprediksi masih agak suram. Tapi tidak berarti sudah tidak ada peluang (untuk kemajuan ekonomi). Salah satu peluang besar itu, ada di Indonesia,”ungkap presiden Jokowi dilansir dari laman youtube resmi Sekretariat Presiden, Jumat (17/11/2023)

“IMF memprediksi ekonomi Indonesia di tahun 2024 tumbuh 5,1 persen. Artinya, berinvestasi di Indonesia, merupakan pilihan yang tepat, merupakan pilihan yang menjanjikan,” Tambah Jokowi.

Presiden RI dua periode tersebut jugam memaparkan potensi yang dimiliki oleh Indonesia sebagai penunjang iklim invesatsi yang kondusif dan menguntungkan untuk semua pihak. Jokowi memaparkan terkait soal hilirisasi dan membangun ekosistem EV terintegrasi dengan target produksi mobil listrik sebanyak enam ratus ribu di tahun 2030.

Jokowi kemudian menutup pidatonya dengan mengundang para pengusaha dan CEO yang hadir pada perhelatan tersebut untuk mengambil peluang investasi di Indonesia.

“Yang terakhir, ini adalah waktu yang tepat untuk berinvestasi di Indonesia. Dan saya berharap, bapak/ibu memanfaatkan peluang ini dengan lebih agresif dan lebih cepat,” jelas Jokowi.

Indonesia is your best partner for business, so visit Indonesia, Invest in Indonesia, trade with Indonesia, thank you, terima kasih,” tutup Jokowi. (ns)