BMKG Ingatkan Sebagian Wilayah Jakarta Akan Diguyur Hujan dan Petir

Ilustrasi-hujan lebat (foto: gemapos/istock)
Ilustrasi-hujan lebat (foto: gemapos/istock)

Gemapos.ID (Jakarta)- Melalui laman resminya Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), keluarkan peringatan dini adanya hujan disertai petir di  Jakarta Selatan dan Jakarta Timur pada Rabu malam.

"Waspada potensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang yang dapat terjadi di sebagian wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur pada malam hari," sebut BMKG, Rabu pagi.

Menurut laporan, pada pagi hari seluruh cuaca seluruh wilayah Jakarta diprediksi cerah berawan. Beranjak pada  siang hari berpotensi berawan.

Kemudian, pada malam hari, cuaca di wilayah Kepulauan Seribu, Jakarta Utara, Jakarta Pusat, dan Jakarta Barat juga berpotensi masih berawan.

Berlanjut pada Kamis (16/11) dinihari, potensi hujan turun dengan intensitas ringan di hampir seluruh wilayah Jakarta, kecuali Jakarta Pusat dan Jakarta Timur.

Pada Rabu, suhu terendah di Jakarta adalah 23° C dan tertinggi 34° C. Sedangkan kelembaban udara berada pada kisaran 65 hingga 95 persen.

Angin di Teluk Jakarta dan Laut Jawa bagian barat umumnya bertiup dari arah timur laut hingga tenggara dengan kecepatan 4 sampai 15 knot.

Menurut BMKG, Rabu pagi pukul 07.00 WIB merupakan waktu pasang tertinggi untuk perairan Jakarta.

Saat pasang maksimum, ketinggian air laut naik 0,9 meter. Sementara ketinggian gelombang air laut saat kondisi normal atau sebelum pasang antara 0,1 sampai 0,5 meter.

Dilansir dari akun X Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, Rabu, menginformasikan adanya kenaikan muka air laut sekitar 17 centimeter di pos pantau Pintu Air Pasar Ikan, Jakarta Utara pada Rabu pukul 06.00 WIB.

Berdasarkan informasi dari akun X Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, tinggi muka air laut sudah mencapai 195 cm dari sebelumnya 178 cm pada pukul 05.00 WIB.

Namun pintu air lainnya, seperti Katulampa, Depok, Manggarai, Karet, Krukut Hulu, Pesanggrahan, Angke Huluz Waduk Pluit, Cipinang Hulu dan Sunter Hulu masih terpantau normal atau siaga 4.(ra)