Sebentar Lagi KPU Undi Nomor Urut Capres-Cawapres

Ilustrasi-Kantor KPU RI. (foto:gemapos)
Ilustrasi-Kantor KPU RI. (foto:gemapos)

Gemapos.ID (Jakarta) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar pengundian nomor capres-cawapres setelah menetapkan tiga pasangan calon (paslon) peserta Pilpres 2024 malam ini, Selasa (14/11/2023) pukul 19:30 WIB.

Tiga pasangan capres-cawapres yang bakal ikut pengundian nomor urut adalah Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakaguming Raka.

"Rencananya, tanggal 14 November 2023 itu dimulai pukul 18.30 WIB," ujar Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari di Kantor KPU, Jakarta, Senin (13/11/2023).

Hasyim mengungkap, sebelum pengundian KPU akan memulai dengan jamuan makan malam bersama pasangan capres-cawapres bersama pimpinan partai politik pengusung.

"Kami memberikan undangan bagi masing-masing pasangan calon yang jumlahnya akan kami layani di tribun yang disiapkan pada halaman parkir Kantor KPU," ucapnya.

Hasyim menyebut, setelah jamuan makan malam akan ada rapat pleno terbuka pengambilan atau pengundian nomor urut.

tak hanya partai pengusung dan tamu undangan, pendukung dari ketiga calon juga kemungkinan akan memadati area sekitar KPU. Bahkan kedatangan mereka sudah tampak dari sore hari. 

Sekretaris Jenderal (Sekjen) TKN Prabowo-Gibran, Nusron Wahid mengaku tak bisa melarang dan membendung pendukung calonnya untuk turut hadir mengawal dalam pengundian nomor urut.

"Saya tidak bisa melarang simpatisan dan para relawan untuk datang ke KPU. Dukungan ini sudah tidak bisa dibendung lagi. Intinya kita ini tidak mengarahkan dan tidak menganjurkan datang ke KPU," kata dia di Jakarta, Selasa (14/11/2023). (rk)