Ichsan Soelistio Jadi Wakil Ketua Baleg, Gantikan Muhammad Nurdin

Anggota DPR Ichsan Soelistio. (foto:gemapos/dok.prbadi)
Anggota DPR Ichsan Soelistio. (foto:gemapos/dok.prbadi)

Gemapos.ID (Jakarta) - Wakil Ketua DPR RI Lodewijk F. Paulus menetapkan Anggota DPR Ichsan Soelistio menjadi Wakil Ketua Baleg menggantikan rekan se-fraksinya Muhammad Nurdin. Pergantian tersebut berdasarkan surat dari pimpinan Fraksi PDI-Perjuangan No. 205/F-PDIP/DPR-RI/XI/2023 tanggal 2 November 2023.

"Untuk itu, kami selaku pimpinan rapat akan menanyakan kepada Anggota Badan Legislasi, apakah saudara Ichsan Sulistio (A-226) dapat disetujui untuk ditetapkan sebagai Wakil Ketua Badan Legislasi DPR?," tanya Lodewijk kepada peserta Rapat Baleg, diikuti persetujuan semua anggota rapat, di Gedung Nusantara I, Senayan, Jakarta, Kamis (9/11/2023).

Dengan demikian, susunan pimpinan Baleg DPR RI menjadi; Ketua Baleg Supratman Andi Agtas, Wakil Ketua Baleg Ichsan Sulistio, Willy Aditya, Abdul Wahid, dan Ach. Baidowi. Lodewijk mengatakan pergantian pimpinan tersebut merupakan bentuk penyegaran susunan pimpinan di Baleg. Muhammad Nurdin sendiri, dikatakan Lodewijk sudah menjabat menjadi Wakil Ketua Baleg selama 2 tahun 2 bulan. 

"Penyegaran yang dilakukan oleh Fraksi PDI-Perjuangan tentunya tujuannya satu untuk personil itu sendiri. Tentunya melihat beban orang itu terkait nanti dalam Pileg nanti maupun Pilpres. Kedua, juga tentunya ada pertimbangan tugas-tugas lain terkait dengan Pileg dan Pilpres dalam waktu dekat," jelasnya.

Menjelang pesta demokrasi yang sudah semakin dekat. Lodewijk berharap Baleg dapat menggunakan waktu seefektif mungkin dalam penyelesaian target-target pembahasan RUU yang berlangsung.

"Tentunya kita harapkan dengan penyegaran ini, dengan tenaga yang baru diharapkan waktu yang ada itu dapat betul-betul efektif digunakan. Sehingga target-target jangka pendek sampai nanti tanggal 14 Februari 2024 dapat tercapai," harap Politisi Fraksi Partai Golkar ini. (ft)