Gantikan Anwar Usman, Suhartoyo Dilantik Jadi Ketua MK Senin Depan

Hakim Mahkamah Konstitusi, Suhartoyo. (gemapos/detik)
Hakim Mahkamah Konstitusi, Suhartoyo. (gemapos/detik)

Gemapos.ID (Jakarta) - Suhartoyo, secara resmi terpilih sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi menggantikan Anwar Usman yang dicopot dari jabatannya usai dinyatakan melakukan pelanggaran kode etik berat oleh Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK).

Pelantikan Suhartoyo sebagai Ketua MK yang baru direncakan digelar pada Senin, 13 November 2023.

Informasi tersebut disampaikan langsung oleh Wakil Ketua MK, Saldi Isra sebagai hasil Rapat Pleno Hakim yang dilakukan para Hakim MK pagi ini. Pengambilan sumpah, kata Saldi, akan dilangsungkan di Ruang Sidang Pleno lantai 2 gedung I MK.

"Menyepakati bahwa ketua Mahkamah Konstitusi terpilih adalah yang mulia Bapak Dr .Suhartoyo, dan InsyaAllah hari Senin akan diambil sumpahnya di ruangan ini," ucap Saldi dalam jumpa pers, Kamis (9/11/2023) siang.

"Mengucapkan sumpah di ruangan ini, dan artinya mulai hari Senin komposisi kepengurusan Mahkamah Konstitusi akan terpenuhi seperti baisa," jelasnya

Pemilihan Ketua MK yang baru ini dilakukan secara musyawarah mufakat dalam Rapat Pleno Hakim (RPH).

Rapat Pleno Hakim dipimpin oleh Wakil Ketua MK, Saldi Isra. Saldi mengatakan dalam RPH itu muncul dua nama yang bersedia sebagai Ketua MK.

"Pertemuan tadi memunculkan dua nama. Nama yang muncul itu adalah satu, Saldi Isra. Yang kedua, Bapak Dr. Suhartoyo." ucap Saldi usai RPH.

Selepas itu, para hakim MK memberi kesempatan Saldi dan Suhartoyo untuk berefleksi perihal kesiapan membawa MK. Hingga akhirnya nama Suhartoyo disepakati untuk menjadi pemimpin MK kedepannya..

"Akhirnya kami berdua sampai pada keputusan yang disepakati untuk menjadi ketua MK kedepan adalah Bapak Dr. Suhartoyo. Dan saya tetap menjalankan tugas sebagai wakil ketua," imbuh Saldi.(ns)