Selamatkan Lingkungan Hidup, Polda Papua Tanam Pohon Sagu

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri didampingi Kapolres Jayapura AKBP Fredrickus WA Maclarimboen saat menanam pohon sagu di Kampung Waiya, Distrik Depapre, Kabupaten Jayapura, Papua (foto: gemapos/ antara)
Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri didampingi Kapolres Jayapura AKBP Fredrickus WA Maclarimboen saat menanam pohon sagu di Kampung Waiya, Distrik Depapre, Kabupaten Jayapura, Papua (foto: gemapos/ antara)

Gemapos.ID (Jakarta)- Jajaran Kepolisian Daerah (Polda) Papua menanam pohon sagu guna menyelamatkan lingkungan hidup di daerah setempat.

Penanaman pohon sagu ini melibatkan lulusan Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Akabri) lulusan tahun 90, difokuskan di Kampung Waiya, Distrik Depapre, Kabupaten Jayapura, Papua, Kamis (26/10)

Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri dalam rilisnya, Jumat mengatakan sagu mempunyai makna tersendiri bagi orang Papua.

“Sagu ini tumbuh di semua daratan Papua kecuali yang di pegunungan, kami ini orang pesisir hidup dari sagu dan sekarang memang sudah banyak ditinggalkan oleh generasi-generasi sekarang,” katanya.

Menurut Kapolda Papua, penanaman sagu juga telah diikuti seluruh polres jajaran di bawah Polda Papua untuk mendukung menjaga lingkungan dan ketahanan pangan.

“Saya sudah memerintahkan juga ke semua polres yang ada di wilayah hukum Polda Papua untuk melakukan kegiatan yang sama tentunya sesuai dengan kondisi wilayah masing-masing,” ujarnya.

Kapolda menjelaskan kalau lokasinya atau daerah cocok untuk buah-buahan maka tanamlah, kalau cocok pohon jangka panjang seperti merbau lakukanlah sehingga dapat diwariskan ke generasi selanjutnya.

“Kebetulan Kabupaten Jayapura ini kan sudah beberapa kali melakukan kegiatan penanaman dan dibuat dalam program apabila anggota menikah itu wajib menanam sagu, ini saya mengapresiasi dan minta di semua jajaran di wilayah hukum Polda Papua untuk melakukan hal yang sama,” katanya.

Dia menambahkan kegiatan ini juga bertepatan dengan 33 tahun angkatan Akabri (1990-2023) termasuk Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan.

“Inikan baik untuk negara membantu masyarakat dalam kondisi negara yang tidak stabil karena berbagai persoalan tidak hanya di Indonesia tapi juga di luar membutuhkan perhatian dari semua pihak, jika semua angkatan dari Akabri melakukan hal yang sama akan meringankan beban masyarakat yang ada,” ujarnya.

Penanaman pohon sagu ini dihadiri oleh Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Isak Pangemanan, Danlantamal X Jayapura, Brigjen TNI (Mar) Ludi Prasetyono, jajaran pejabat tinggi Polda Papua, Kapolres Jayapura AKBP Fredrickus WA Maclarimboen dan CO Founder Colo Sagu Michael J Yarisetouw.(ar