RSUD Dok II Jayapura Alami Gangguan Internet dari Telkom

ESUD Papua
ESUD Papua
Gemapos.ID (Jakarta) - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dok II Jayapura menyatakan pelayanan kesehatan yang memakai aplikasi mengalami kesulitan. Hal ini terjadi akibat jaringan internet mengalami gangguan. "Jika ada yang hendak berobat menggunakan BPJS Kesehatan, petugas kami tidak dapat mengakses datanya," kata Aloysius Giyai, Direktur RSUD Dok II Jayapura pada Selasa (4/5/2021). Gangguan internet berakibat RSUD Dok II Jayapura sulit melayani masyarakat yang menggunakan JKN KIS dari BPJS Kesehatan. Jadi, rumah sakit memakai cara konvensional. "Kami menggunakan cara manual, namun guna mempertanggungjawabkan kepada BPJS Kesehatan yang masih dipikirkan caranya," ujarnya. Aloysius mengaku solusi atas persoalan ini sedang dicari dengan pihak ketiga supaya layanan kesehatan kembali bisa diberikan kepada masyarakat secara maksimal. Namun, dia tidak menyebutkan pihak ketiga yang dimaksud dan solusinya secara rinci. "Kami sangat berharap, jaringan internet ini segera normal sehingga pelayanan kesehatan juga tidak terganggu," ujarnya, RSUD Dok II Jayapura meminta Telekomunikasi Indonesia (Telkom) memberikan kejelasan layanan internet. Hal ini dibutuhkan guna memberikan layanan kepada pasiennya. Sementara itu Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri menampik gangguan internet di Papua terjadi akibat upaya cipta kondisi atau kesengajaan "Apakah gempa bumi itu bagian dari upaya cipta kondisi yang dilakukan oleh manusia? Jangan berasumsi yang aneh-aneh," katanya. Mathius mengemukakan gangguan jaringan internet di Jayapura, Sentani, dan Sarmi terjadu akibat gangguan teknis pada kabel fiber optik Telkom. "Kalau masyarakat tidak puas, silakan bertanya ke Telkom atau Telkomsel, apa benar ada perintah dari pemerintah maupun aparat keamanan untuk sengaja mematikan jaringan Telkom dan Telkomsel," ujarnya. Pujo Pramono, Vice President Corporate Communication PT Telkom Indonesia mengaku layanan telepon dan pesan singkat di wilayah Jayapura dan sekitarnya sudah kembali normal. Untuk layanan data dengan  fixed dan mobile broadband masih proses pemulihan. Kualitas layanan akan dioptimalkan menggunakan kapasitas satelit, sistem komunikasi radio IP terrestrial, dan infrastruktur lainnya seperti jaringan Palapa Ring Timur. "Kami akan mengupayakan percepatan agar kualitas layanan bisa segera kembali normal," tuturnya. Layanan Telkom di wilayah Jayapura dan sekitarnya mengalami gangguan pada Jumat, 30 April 2021 pukul 19:40 WIB. Hal ini terjadi akibat kabel laut Sulawesi Maluku Papua Cable System (SMPCS) ruas Biak-Sarmi putus.