Sebanyak 1.084 Personel TNI-Polri Amankan Kunjungan Wapres ke Balikpapan

Polisi dengan motor besar vorrijder, juga bagian dari pengawalan rombongan pejabat tinggi negara (foto: gemapos/ antara)
Polisi dengan motor besar vorrijder, juga bagian dari pengawalan rombongan pejabat tinggi negara (foto: gemapos/ antara)

Gemapos.ID (Jakarta)- Sebanyak 1.084 personel TNI dan Polri dikerahkan untuk pengamanan kunjungan Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin ke Balikpapan, Kalimantan Timur selama dua hari.

Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin dijadwalkan berkunjung ke Kota Balikpapan selama dua hari, yaitu sejak Senin (23/10) sore hingga Selasa (24/10).

Komandan Korem 091/Aji Surya Natakesuma Brigjen TNI Yudhi Prasetiyo disela-sela pengamanan di Balikpapan, Senin, menjelaskan meski kunjungan pejabat setingkat presiden dan wakil presiden sudah sering di Balikpapan dan selalu berlangsung aman dan lancar, namun aparat tetap harus siaga dan waspada.

“Beberapa kali kunjungan berjalan aman dan lancar dan begitu juga hari ini kita harapkan kunjungan juga berjalan aman dan lancar. Namun saya tetap minta rekan-rekan aparat keamanan tetap waspada, cek kembali segala sesuatunya,” kata Danrem Yudhi.

Pada Selasa, Wapres mulai berkegiatan dari pukul 10.00 Wita dan berlangsung hingga pukul 12.00 Wita. Wapres dijadwalkan berkunjung dan bersilaturahmi ke Pondok Pesantren Syaichona Cholil di Batakan, Balikpapan.

Pondok Pesantren Syaichona Cholil ada di kawasan padat penduduk dengan banyak gang-gang sempit, karena itu Danrem Yudhi minta agar seluruh jajarannya memberikan pengamanan dan penjagaan yang terbaik.

“Kegiatan pengamanan di rute ini sudah bolak-balik kita lakukan dan seringkali dilaksanakan tetapi masih ada hal-hal yang perlu kita perbaiki dan perlu kita tingkatkan dalam pengamanan rute itu,” kata Danrem.

Kondisi lalu lintas Balikpapan juga menjadi perhatian Danrem. Ia mengingatkan bahwa pada Senin dan Selasa kegiatan masyarakat di Balikpapan cukup padat, termasuk lalu lintas. Untuk itu hal ini juga menjadi perhatian anggota dan semua pihak terkait.

Wakil Presiden tiba Senin sore pukul 16.00 Wita melalui Bandara Sepinggan Balikpapan dan bermalam di Kota Minyak. Wapres juga dijadwalkan meninggalkan Balikpapan pada pukul 13.00.(pa)