Wapres Resmikan Bank Wakaf Mikro Untuk Dukung Ekosistem Keuangan Syariah

Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin saat meresmikan Bank Wakaf Mikro (BWM) Pondok Karya Pembangunan DKI Jakarta
Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin saat meresmikan Bank Wakaf Mikro (BWM) Pondok Karya Pembangunan DKI Jakarta

Gemapos.ID (Jakarta) - Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin meresmikan Bank Wakaf Mikro (BWM) Pondok Karya Pembangunan DKI Jakarta di Pesantren Modern Pondok Karya Pembangunan, Jakarta, hari ini (24/3/2022).

Dalam sambutannya, Wapres berharap kehadiran BWM pertama di DKI Jakarta ini dapat mendukung pengembangan ekosistem keuangan syariah.

"Semoga kehadiran BWM semakin membawa manfaat dan berkah, mashlahat dalam pengembangan ekosistem keuangan Syariah dan pada gilirannya akan mendorong ekonomi nasional," ujar Wapres.

Selain itu, ia juga mengatakan BWM merupakan bagian dari upaya pengembangan ekosistem ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia yang telah menjadi komitmen pemerintah.

Sementara itu, BWM adalah Lembaga Keuangan Mikro Syariah yang menjadi bagian Industri Keuangan Syariah Indonesia. BWM juga mendorong Pengembangan Dana Sosial Islam melalui optimalisasi potensi zakat/wakaf sebagai salah satu sumber dana pengembangan program.

"BWM diharapkan menjadi obor penerang memberdayakan masyarakat di dalam dan di sekitar pesantren," jelasnya.

Wapres mengatakan, pada akhirnya melalui upaya ini diharapkan banyaknya sumber pembiayaan yang tersedia di industri keuangan Indonesia akan dapat dibarengi dengan adanya pengusaha yang berkualitas.

"Akhirnya, dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, Bank Wakaf Mikro Pesantren Pondok Karya Pembangunan, saya nyatakan diresmikan," ujar Wapres.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Umum Yayasan Pondok Karya Pembangunan (PKP) KH Amidan yang juga hadir dalam acara tersebut menyampaikan terima kasih kepada Wapres yang telah berkenan meresmikan BWM PKP.

"Kehadiran BWM di PKP penting dan signifikan. Kehadirannya bukan hanya membuka kesadaran peran PKP sebagai lembaga pendidikan yang mempersiapkan generasi unggul tapi juga memenuhi panggilan berbagai penggerak perekonomian masyarakat sekitar," ujarnya.

Selain itu, ia juga mengatakan kehadiran BWM PKP yang memberikan pinjaman tanpa bunga, secara nyata telah membantu masyarakat agar bisa berusaha dengan tenang sekaligus menghindarkan masyarakat dari rentenir.(ant/ap)