6 Buah Ini Bisa Bantu Sembuhkan Batuk pada Ibu Hamil

Ilustrasi Ibu Hamil Memegan Buah - Buahan (Foto : gemapos/Jovee)
Ilustrasi Ibu Hamil Memegan Buah - Buahan (Foto : gemapos/Jovee)

Gemapos.ID (Jakarta) - Buah yang dapat menyembuhkan batuk pada ibu hamil adalah pilihan yang aman saat penyakit batuk muncul. Karena, ibu hamil tidak sembarangan mengkonsumsi obat – obatan, konsumsi buah – buahan juga memberikan nutrisi yang dibutuhkan untuk ibu hamil.

Konsumsi buah – buahan adalah cara alami untuk untuk menyembuhkan batuk pada ibu hamil. Kondisi tersebut menimbulkan ke khawatiran karena takut berdampak buruk pada kesehatan janin. Sehingga, batuk menyebabkan rasa yang tidak nyaman dan mengakibatkan sulit tertidur.

Ibu yang sedang mengandung sebaiknya tidak mengkonsumsi sembarang obat – obatan. Hal tersebut beralasan karena beberapa kandungan dalam obat batuk mempunyai resiko efek samping pada janin. Ibu hamil disarankan mencoba bahan – bahan yang alami sebagai cara pertama untuk menyembuhkan penyakit batuk.

Menurut Alodokter, berikut dibawah ini beragam buah – buahan yang bisa meredakan batuk:

1. Lemon

Buah lemon mampu melawan infeksi bakteri dan virus yang menyebabkan batuk hingga flu. Karena, buah lemon mengandung senyawa flavanol, seperti ericitrin dan hespertin.

Cara mengolahnya hanya perlu mencampurkan setengah buah lemon yang sudah diperas dan dicampurkan dengan air hangat. Kemudian, tambahkan 1 – 2 sendok teh madu agar rasanya terasa lebih nikmat.

2. Jeruk

Ibu hamil dapat mengkonsumsi buah yang mengandung vitamin C, seperti buah jeruk. Karena, vitamin C diketahui dapat meredakan proses peradangan yang diakibatkan oleh pelepasan histamin yang dialami seseorang saat batuk.

3. Delima

Konsumsi buah delima bisa membantu meningkatkan imunitas pada tubuh karena sifat antibakteri dan antiradang yang ada di dalam buah delima. Selain untuk ibu hamil, buah delima juga baik untuk kesehatan pada janin.

Penelitian menunjukkan konsumsi jus buah delima selama mengandung dapat mendukung perkembangan otak janin dan meminimalkan resiko terjadinya penyakit intrauterine growth restriction (IUGR) atau kondisi yang dapat menghambat pertumbuhan pada janin.

4. Kiwi

Konsumsi buah kiwi saat mengandung bisa menjaga sistem kekebalan pada tubuh agar tetap kuat dan dapat membantu meredakan gejala batuk yang ibu hamil alami. Karena, buah kiwi mempunyai nutrisi yang punya sifat dan efek antioksidan, seperti beta karoten, vitamin C, dan vitamin E.

5. Anggur

Buah anggur mengandung vitamin C yang tinggi, berfungsi untuk mengingkatkan imunitas pada tubuh, sehingga membantu ibu hamil cepat pulih dari batuknya.

Buah anggur juga mengandung zat besi, kandungan tersebut dapat membantu meredakan batuk dengan cara meningkatkan penyerapan vitamin C yang berperan dalam imunitas tubuh kita.

6. Nanas

Mengkonsumsi buah nanas saat mengandung dapat membahayakan kesehatan ibu hamil dan janin dalam kandungan hanya mitos belaka. Oleh karena itu, mengkonsumi buah nanas dalam Batasan yang masih wajar dapat membawa beberapa manfaat, salah satunya itu ialah dapat meredakan batuk selama kehamilan.

Mengkonsumsi buah tertentu memang dapat membantu meredakan batuk pada ibu hamil, tetapi konsumsi dalam batasan wajar. Sebelum mengkonsumsi buah, jangan lupa untuk di cuci terlebih dahulu di bawah air yang mengalir hingga kotoran dan kuman yang menempel pada kulit buah hilang terbawa air. (na)