5 Buah yang Baik Dikonsumsi Saat Polusi Udara

Buah-buahan (foto: gemapos/istock)
Buah-buahan (foto: gemapos/istock)


Gemapos.ID (Jakarta) Penelitian menunjukkan bahwa beberapa buah-buahan dapat melindungi kita dari dampak buruk polusi udara. Ada beberapa jenis buah yang bisa dikonsumsi saat polusi udara.

Studi-studi ini juga mengungkapkan kepada kita bahwa antioksidan yang terkandung dalam beberapa buah-buahan secara signifikan dapat mengurangi dampak berbahaya dari polusi udara pada kebanyakan orang.

Daftar lima buah-buahan yang direkomendasikan oleh beberapa penelitian untuk melawan dampak berbahaya polusi udara termasuk jeruk bali merah muda, semangka, tomat, buah jeruk seperti lemon dan jeruk, serta alpukat.

Buah yang dikonsumsi saat polusi udara ini disebut-sebut mengandung fitokimia. Fitokimia adalah sekelompok besar senyawa yang diproduksi dan disimpan tanaman di beberapa buah dan sayuran.

Zat seperti antioksidan, flavonoid, fitonutrien, dan jenis fitokimia lainnya dapat memberikan efek besar pada sistem kekebalan tubuh kita dan juga memperkuat sistem otot, peredaran darah, dan sistem lain di dalam tubuh.

Misalnya, likopen, fitokimia yang terdapat pada buah-buahan seperti anggur merah muda, tomat, cabai merah, dan semangka, dapat meningkatkan kesehatan paru-paru dan jantung secara signifikan. Meskipun terdapat sekitar 4 ribu fitokimia, sejauh ini hanya sedikit yang telah diteliti dengan baik pengaruhnya.(da)