Sukabumi Jadikan Festival Bunga Sebagai Ajang Promosi dan Datangkan Wisatawan

Kemeriahan Festival Bunga Hias Sukabumi 2023 pada peringatan Hari Jadi Ke-153 Kabupaten Sukabumi yang digelar di Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jabar pada Minggu (foto: gemapos/ antara)
Kemeriahan Festival Bunga Hias Sukabumi 2023 pada peringatan Hari Jadi Ke-153 Kabupaten Sukabumi yang digelar di Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jabar pada Minggu (foto: gemapos/ antara)


Gemapos.ID (Jakarta)- Pemerintah Kabupaten Sukabumi menjadikan acara Festival Bunga Sukabumi 2023 yang digelar di Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat pada Minggu untuk menarik wisatawan datang.

"Festival Bunga Sukabumi selain untuk memeriahkan Hari Jadi Ke -153 Kabupaten Sukabumi, juga sebagai ajang promosi pariwisata serta hasil pertanian Kabupaten Sukabumi," kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi Sri Hastuti Harahap.

Menurut Sri yang juga merupakan Panitia Penyelenggara Festival Bunga Sukabumi 2023 ini, adapun bunga yang ditampilkan berasal dari para petani bunga potong dan hias yang ada di Kabupaten Sukabumi.

Diharapkan melalui festival ini produk pertanian bunga hias dan potong dari Kabupaten Sukabumi bisa dikenal luas, sehingga bisa meningkatkan pendapatan dan perekonomian masyarakat.

Bunga hias merupakan salah satu hasil pertanian unggulan Kabupaten Sukabumi, dan Pemkab Sukabumi terus berupaya mempromosikannya melalui festival ini. Pengenalan hasil pertanian melalui pariwisata akan memiliki dampak positif yang signifikan.

"Meskipun saat ini sudah ada beberapa negara yang menjadi langganan bunga potong dan hias dari Kabupaten Sukabumi, tetapi kami ingin terus meningkatkan permintaan baik dari dalam maupun luar negeri," tambahnya.

Pada kegiatan tersebut, juga digelar parade kendaraan hias yang peserta-nya berasal dari masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Sukabumi serta Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Kabupaten Sukabumi.

Tidak hanya itu, pada perayaan Hari Jadi Kabupaten Sukabumi ini di tempat yang sama juga digelar peragaan busana dengan mengenalkan produk Batik Ngabumi yang merupakan batik khas dan ikon Kota Sukabumi.(ra)