Pemkab Kotabaru Bagikan Bantuan Ternak Kambing ke Petani di Daerah Pesisir

Plt Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Peternakan Kabupaten Kotabaru Sidiq Adi Susilo dan tim menyerahkan bantuan kambing di Desa Semisir (foto: gemapos/ antara)
Plt Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Peternakan Kabupaten Kotabaru Sidiq Adi Susilo dan tim menyerahkan bantuan kambing di Desa Semisir (foto: gemapos/ antara)


Gemapos.ID (Jakarta)- Pemerintah Kabupaten Kotabaru, Provinsi Kalimantan Selatan membagikan bantuan ternak kambing kepada petani di daerah pesisir Kotabaru, untuk dikembangbiakkan dalam upaya menopang perekonomian keluarga.

“Bantuan kambing untuk kelompok tani ini adalah upaya mendorong daerah memenuhi kebutuhan daging dan menjadi daerah yang berswasembada," kata Plt Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Peternakan Kabupaten Kotabaru Sidiq Adi Susilo di Kotabaru, Rabu.

Dikatakan, Dinas Pertanian merupakan salah satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang memiliki peran sentral dan diharapkan mampu untuk membantu terwujudnya swasembada pangan, baik lokal maupun nasional serta mendongkrak nilai pertumbuhan perekonomian masyarakat.

Selaras dengan tujuan pemerintah dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, utamanya kepada peternak, petani maupun para pekebun yang berada di wilayah Kabupaten Kotabaru.

"Dengan adanya dukungan dan komitmen bersama diharapkan kegiatan-kegiatan ini dapat terus berlanjut di tahun-tahun berikutnya. Manfaatkanlah bantuan ini sebaik mungkin dan semoga bantuan yang diberikan ini bermanfaat untuk kita semua,” katanya berpesan.

Penyerahan bantuan ini diantaranya penyerahan kepada Kelompok Tani Harapan Rakyat di Desa Semisir, Pulau Laut Tengah, sebanyak 11 ekor Kambing dan Kelompok Tani Sekar Sari Desa Sebelimbingan, Pulau Laut Utara sebanyak enam ekor.

Sidiq menambahkan, tidak hanya sekedar memberikan hewan ternak kepada kelompok tani saja, namun akan di lakukan pendampingan proses peternanakan yang di jalani oleh petani agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Ia berharap bibit ternak peranakan Etawa mampu menstimulan para kelompok tani untuk memanfaatkan hal tersebut sehingga peternakan yang mereka miliki mampu berkembang dan menjadi nilai ekonomis di tingkat kelompok tani dan di tingkat keluarga.

Ketua kelompok tani Harapan Rakyat Desa Semisir mengatakan, bantuan yang di berikan sebagai harapan bersama kelompok yang ia pimpin untuk bisa mengembangkan ternak sebagai tambahan penghasilan selain di bidang pertanian dan perkebunan yang mereka miliki.

"Kami sangat berterimakasih atas bantuan ini semoga kami bisa merawat dan bisa mengembangkan lebih banyak lagi," kata Samsul Bahri.

Samsul berharap, bantuan di tahun mendatang tidak hanya hewan ternak berupa kambing namun juga ternak sapi untuk memaksimalkan usaha pengembangan ternak yang menjadi binaan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kotabaru.(ri)