Pemkab Kotabaru Berikan Penyuluhan Ternak Melalui Program Temu Kambing

Para peternak Kambing berkumpul pada acara "Temu Kambing" di Desa Sebelimbingan Kecamatan Pulau Laut Utara, Kotabaru, Jumat (18/8/2023). (foto: ant)
Para peternak Kambing berkumpul pada acara "Temu Kambing" di Desa Sebelimbingan Kecamatan Pulau Laut Utara, Kotabaru, Jumat (18/8/2023). (foto: ant)


Gemapos.ID (Jakarta)- Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan memberikan penyuluhan kepada peternak tentang manajemen beternak kambing melalui program "Temu Kambing" di Desa Sebelimbingan.

"Bidang Peternakan dan Keswan melakukan penyuluhan mengenai manajemen beternak kambing, penyuntikan vitamin pada ternak kambing serta memberikan doorprize kepada peternak kambing yang sehat," kata Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Kotabaru drh Sidiq di Kotabaru, Jumat.

Sidiq menyampaikan kegiatan Temu Kambing merupakan wadah berkumpul para peternak kambing untuk saling bertukar pikiran dan membahas tentang kesehatan dan usaha pada bidang ternak kambing yang ada di Desa Sebelimbingan dan sekitarnya.

Ia menambahkan kambing dan domba merupakan salah satu ternak unggulan di Indonesia yang berkontribusi penting dalam pemenuhan gizi masyarakat.

Selain itu, Sidiq menyebutkan usaha beternak kambing dan domba merupakan peluang bisnis yang cukup menjanjikan.

Hal ini, menurut Sidiq, karena permintaan kambing dan domba yang tinggi dan hewan ternak tersebut juga digunakan sebagai salah satu pemenuhan kebutuhan hari raya keagamaan maupun adat.

"Kami sangat mengapresiasi serta mendukung kegiatan ini sehingga mampu memberikan motivasi kepada peternak kambing di Desa Sebelimbingan dan sekitarnya dalam budidaya ternak kambing yang baik dan benar," katanya.

Sementara itu, Kepala Desa Sebelimbingan Ahmad Zaenuri menyampaikan acara Temu Kambing bukan kontes kambing atau adu kambing unggul tapi tempat silahturahmi antar peternak kambing yang ada di Desa Sebelimbingan dan sekitarnya untuk saling tukar pikiran untuk kemajuan peternak kambing.

"Selain itu, juga untuk mendapatkan pengetahuan dan menambah ilmu bagaimana budidaya ternak kambing yang baik dan benar agar kesehatan ternak kambing terjaga," kata Ahmad Zaenuri.

Ia dan kelompoknya meningkatkan produksi dan perkembangan ternak serta penampilan ternak tetap unggul.

"Kegiatan ini diikuti oleh 13 peternak dengan total ternak kambing yang datang sebanyak 24 ekor," ujarnya

Zaenuri mengungkapkan para peternak berasal dari Desa Sebelimbingan, Desa Megasari serta Desa Gunung Ulin Kecamatan Pulaulaut Utara.

"Pada cara Temu Kambing ini sebagai ternak kambing terbaik adalah ternak kambing milik bapak Arif dari Desa Sebelimbingan," tutur Ahmad Zaenuri.(ap)