Pentingnya Peran Milenial dalam Menjaga Lingkungan

Kegiatan memperingati Hari Bersih-Bersih Sedunia yang diikuti ratusan milenial di Batam. (foto:gemaposa/ant/DLH Batam)
Kegiatan memperingati Hari Bersih-Bersih Sedunia yang diikuti ratusan milenial di Batam. (foto:gemaposa/ant/DLH Batam)


Gemapos.ID (Jakarta) - Pemerintah Kota Batam, Kepulauan Riau menyebutkan pentingnya peran kaum milenial dalam menjaga kebersihan lingkungan dari sampah.

"Pada kegiatan hari ini saya sangat senang sekali karena banyak melibatkan kaum milenial. Penting sekali bagi mereka terlibat dalam kegiatan ini, karena bagaimanapun, mereka itu nantinya yang akan memimpin bangsa ini ke depannya," ujar Kepala Bidang Perlindungan Lingkungan Hidup DLH Kota Batam IP di Batam, Sabtu (16/9/2023), saat peringatan Hari Bersih-Bersih Sedunia (World Clean Day) 2023 di daerah setempat.

Kegiatan yang difokuskan di delapan lokasi di Kota Batam itu, kata dia, banyak diikuti oleh anak sekolah dan mahasiswa.

Ia mengatakan keikutsertaan kaum milenial turun langsung dalam aksi itu menunjukkan bahwa mereka peduli dengan kebersihan dan kelestarian lingkungan.

"Itu kami butuhkan generasi muda seperti itu, mereka peduli dengan lingkungan, peduli dengan sampah, mereka peduli dengan Batam," katanya.

Semangat yang ditunjukkan generasi muda itu, kata dia, tentunya juga menumbuhkan semangat pemerintah, dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batam dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi, termasuk terkait dengan kebersihan lingkungan.

"Dalam kegiatan itu kami menyediakan konsumsi untuk mereka, selain itu tadi kami juga menyiapkan beberapa armada pengangkut sampah," ucapnya.

Dia berharap, ke depan generasi muda tidak hanya bergerak ketika ada kegiatan seperti ini, akan tetapi setiap hari apabila mereka melihat sampah berserakan, baik di pinggir jalan maupun di tempat-tempat lainnya, mereka melakukan penanganan.

"Lingkungan ini merupakan kebutuhan kita bersama. Yang kita nikmati hari ini, bukan hanya milik kita, tapi juga untuk anak, cucu dan cicit kita di masa depan. Mereka harus tahu itu, itu yang paling penting," ujar IP. (pu)