Kualitas Udara di Pontianak Berangsur Membaik Imbas Turun Hujan

Kualitas Udara di Pontianak Berangsur Membaik Imbas Turun Hujan (foto: ant)
Kualitas Udara di Pontianak Berangsur Membaik Imbas Turun Hujan (foto: ant)


Gemapos.ID (Jakarta) Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Pontianak, Kalimantan Barat Syarif Usmulyono mengatakan kualitas udara di Kota Pontianak berangsur membaik imbas turunnya hujan di wilayah tersebut.

"Kondisi kualitas udara dari pagi hingga sore kemarin berada pada kategori sedang-baik dengan data ISPU konsentrasi partikulat PM2,5 pada angka 68 µgram/m3 kategori sedang pada pukul 16.00 WIB," kata dia di Pontianak, Jumat.

Ia menjelaskan kualitas udara Kota Pontianak dari 5 September 2023 yang berada di kategori sedang-baik karena dalam waktu tertentu masih berada di kategori tidak sehat, yaitu pada tengah malam sekitar pukul 1 dini hari, kemudian turun lagi secara perlahan menjelang subuh.

Membaiknya kualitas udara ini, menurut dia dipicu oleh hujan yang mengguyur Pontianak selama beberapa hari terakhir.

"Sehingga kondisi sekarang ini alhamdulillah pada kategori sedang dengan angka ISPU yang berada di bawah angka 15," ujarnya.

Meskipun demikian, dirinya meminta masyarakat Pontianak tetap siaga akan kemungkinan timbulnya titik api meski kualitas udara kian membaik.

"Sementara ini masyarakat Pontianak harus tetap siaga dengan tidak turut menyumbang terjadinya titik api atau kabut asap," kata

Ia juga mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran sampah rumah tangga dan membuka lahan dengan cara dibakar.

"Mari bersama untuk tidak melakukan pembakaran sampah rumah dan lahan, " jelas dia.(da)