Terungkap! Berikut Kendala Utama LRT Jabodetabek Sejak Beroprasi

LRT Jabodebek (foto: gemapos/KAI)
LRT Jabodebek (foto: gemapos/KAI)


Gemapos.ID (Jakarta) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sedang mengevaluasi LRT Jabodebek sejak diresmikan dan mulai beroperasi 28 Agustus 2023. Evaluasi tersebut dilakukan pihak berwenang di bawah pengawasan Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Materi evaluasi adalah laporan 4 gangguan utama pada LRT Jabodebek.

"Ada 4 gangguan utama yang telah kami terima laporannya, yaitu terkait pintu kereta, layar informasi penumpang, kelistrikan, hingga sistem operasi yang tengah ditangani oleh INKA, Divisi LRT Jabodebek dari PT KAI, serta stakeholder terkait, dan ditargetkan selesai awal September hingga akhir Oktober," terang Juru Bicara Menteri Perhubungan Adita Irawati dalam keterangan tertulis, Kamis (7/9/2023)

Di sisi lain Adita menjelaskan hingga Rabu (06/09) sore, jumlah penumpang LRT Jabodebek mencapai 331.947 orang.

Menurut Adita ini berarti animo yang sangat tinggi untuk mencoba LRT Jabodebek dan berharap kehadiran moda transportasi ini dinikmati oleh lebih banyak masyarakat.

"Alhamdulillah sejauh ini feedback yang kami terima relatif positif, meski ada beberapa catatan yang perlu kami evaluasi terkait operasional LRT Jabodebek," ujar Adita.

Sebagai informasi saat ini terdapat 12 rangkaian kereta (trainset) LRT Jabodebek yang dioperasikan dan siap melayani penumpang.

Jumlah rangkaian kereta ini secara bertahap akan ditambahkan hingga keseluruhan rangkaian kereta yang berjumlah 31 dioperasikan, dengan formasi 27 rangkaian dioperasikan untuk melayani penumpang, 2 rangkaian dilakukan perawatan berat, dan 2 rangkaian disiagakan sebagai cadangan.

"Dengan jumlah rangkaian tersebut, untuk saat ini LRT Jabodebek akan dioperasikan dari pukul 05.00 WIB hingga 18.58 WIB dengan headway 10-20 menit," kata Adita.

Adita menambahkan ke depan LRT Jabodebek dapat dioperasikan sesuai dengan pola operasi ideal. Artinya, jam operasi lebih lama dan headway hingga 4-8 menit ketika keseluruhan rangkaian kereta sudah dijalankan secara bertahap sehingga masyarakat diharapkan dapat terus memantau jadwal LRT Jabodebek ini.(da)