Bikin Iri! Ini 5 Kota dengan Kualitas Udara Terbaik di Dunia

Infografis 5 Kota dengan Kualitas Udara Terbaik di Dunia
Infografis 5 Kota dengan Kualitas Udara Terbaik di Dunia


Gemapos.ID (Jakarta)- Kualitas udara DKI Jakarta akhri-akhir ini masih terus memburuk, bahkan beberapa kali Jakarta menduduki urutan teratas sebagai kota dengan polusi udara tertinggi di dunia.

Permasalah kualitas udara ini terus menjadi perbincangan hangat di berbagai kalangan masyarakat. Karena itu, masalah ini harus segera dibenahi secara fundamental, bukan hanya dari dukungan pemerintah tetapi harus ada kerjasama dari masyarakat sebagai individu yang tinggal sekitar Jakarta maupun di beberapa wilayah lain-nya yang layak menghirup udara bersih.

Berbagai upaya harus dilakukan untuk kembali mendapatkan kulitas udara yang bersih. Upaya-upaya tersebut mungkin dapat kita pelajari dari negara lain yang memiliki kualitas udara bersih.

Jika diukur menggunakan alat pengukuran Air Quality Index (AQI) oleh perusahaan teknologi kualitas udara asal Swiss, iQAir yang masuk kategori udara baik dihirup adalah yang nilainya kurang dari 50.

Sebagai informasi, Indeks Kualitas Udara (AQI) adalah pengukuran konsentrasi polutan udara dalam polusi udara ambien dan risiko kesehatan yang terkait.

Nah, berikut ini adalah lima kota di dunia yang memiliki kualitas udara paling bersih menurut data IQAir pada Selasa (29/8/2023) pukul 09.18 WIB.

1. Milan, Italy

Milan dulunya pada 2008 sempat menjadi kota dengan kualitas udara paling buruk di Eropa. Tetapi sekarang bisa menjadi yang teratas sebagai negara dengan kualitas udara paling bersih di dunia dengan AQI US per hari ini di angka 4.

Upaya yang dilakukan Milan tentu tidaklah dalam waktu instan, sejak 2009 lalu Milan bergabung ke dalam organisasi C40 Cities yang merupakan jaringan kota-kota besar di seluruh dunia yang berkomitmen untuk mengatasi perubahan iklim dan menjalankan aksi konkrit untuk mengurangi emisi gas rumah kaca, serta mengembangkan solusi berkelanjutan.

2. Kota Salt Lake, Amerika Serikat

Posisi kedua yang menempati kualitas udara terbersih ada kota Salt Lake, Amerika Serikat dengan AQI US berada di angka 4.

Kota ini menerapkan berbagai kebijakan seperti model bekerja hybrid / Work From Home untuk berbagai sektor yang mendukung, menanam 1000 pohon untuk pelestarian lingkungan, dan lain-lain.

3. Bern, Swiss

Kota Bern menempati posisi ketiga dengan kualitas terbersih hari ini, AQI US berada di angka 12.

Hal-hal yang dilakukan pemerintah setempat untuk meningkatkan kualitas udara, salah satu-nya menerapkan zona lalu lintas terbatas yang membatasi kendaraan beremisi tinggi untuk melewati jalan hanya di jam-jam tertentu.

Kemudian, kampanye lahan terbuka hijau juga semakin digencarkan dengan meningkatkan lahan untuk para pejalan kaki, pengguna sepeda, dan lain sebagainya.

4. Oslo, Norwegia

Oslo termasuk kota yang padat penduduk, tetapi kota tersebut berhasil membuktikan bahwa mereka berhasil menciptakan kualitas udara yang baik. Menurut data IQAir per hari ini nilai indeks AQI US berada di 12.

Penciptaan udara yang bersih menjadi program Pemerintah Norwegia sejak tahun 2017 lalu. Pemerintah secara khusus membangun lebih banyak ruang hijau, jalur pejalan kaki dan sepeda. Mereka juga menempatkan prioritas tinggi untuk para pejalan kaki dan pengguna sepeda.

5. Nice, Prancis

Kota Nice di Perancis menempati posisi kelima kualitas udara terbaik di dunia dengan AQI US di angka 13.

Beberapa hal yang dilakukan pemerintah dalam meningkatkan kualitas udara seperti menerapkan kebijakan batas kecepatan kendaraan bermotor hanya 20 km/jam, kemudian pemerintah juga menggratiskan tarif transportasi umum untuk mengurangi emisi.(ra)