Ji Da Bin, Sosok Unik di Timnas Indonesia U-17 vs Korea

Ji da Bin (foto: gemapos/PSSI)
Ji da Bin (foto: gemapos/PSSI)


Gemapos.ID (Jakarta) Tidak ada pemain lain yang akan merasakan situasi seperti Ji Da Bin dalam laga Timnas Indonesia U-17 vs Korea Selatan pada Rabu (30/8) malam.

Ji Da Bin adalah salah satu pemain Timnas Indonesia U-17 yang memiliki darah Korea Selatan. Aliran darah Negeri Ginseng berasal dari ayah yang bernama Ji Ha Sik.

Keberadaan Ji Da Bin di skuad Garuda Junior sudah terpantau sejak Piala AFF U-16 tahun lalu. Namanya ikut dalam seleksi dan terpilih masuk dalam skuad yang dihuni Muhammad Iqbal Gwijangge dan kawan-kawan.

Pemain kelahiran Depok 3 Maret 2006 itu merupakan talenta yang diasah ASIOP. Ji Da Bin bermain di posisi penyerang, baik di sayap kiri maupun ujung tombak.

Setelah mengenakan jersey berlambang Garuda di dada pada ajang Piala AFF U-16 dan kualifikasi Piala Asia U-17 2023, Ji Da Bin kini punya kans tampil di Piala Dunia U-17 2023.

Hanya saja Ji Da Bin harus membuktikan kualitas dalam serangkaian pemusatan latihan dan uji tanding. Pertandingan melawan timnas Korea Selatan U-17 menjadi salah satu tes bagi pemain Timnas Indonesia U-17 sebelum berangkat ke Jerman guna menjalani training center lanjutan.

Pertandingan melawan Korea memiliki arti lain bagi Ji Da Bin karena akan melawan negeri leluhur sang ayah.

Situasi unik itu hanya akan dirasakan Ji Da Bin karena tidak ada pemain lain di tim Merah Putih yang memiliki darah Korea dan begitu pula sebaliknya, tidak ada pemain Korea yang berdarah Indonesia.

Ji Da Bin berpotensi dimainkan pada laga melawan Korea karena pelatih Bima Sakti mengungkapkan bakal menampilkan semua anak asuhnya dalam laga yang bakal berlangsung di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat.

"Jadi besok [hari ini] kemungkinan kita akan coba pemain yang berbeda, kemudian di babak kedua nanti akan coba semua [pemain]," ujar Bima dalam konferensi pers.(da)