Free Palestin Jadi Bayang-bayang timnas Israel di Perempatfinal Piala Dunia U20

Timnas Israel U20 (ist)
Timnas Israel U20 (ist)

Gemapos.ID (Jakarta) Timnas Israel U-20 lolos ke perempatfinal Piala Dunia U-20 2023, kata Free Palestine (bebaskan Palestina) dan bendera Palestina berkibar. Dua hal itu ramai bermunculan di akun Instagram Federasi Sepakbola Israel, @isr.fa, yang tengah merayakan keberhasilan Timnas Israel U-20 melaju ke babak delapan besar Piala Dunia U-20 2023.

Dini hari tadi, Israel bersua Uzbekistan di 16 besar Piala Dunia U-20 2023. Status Uzbekistan yang merupakan juara Piala Asia U-20 2023, tak membuat Timnas Israel U-20 ketakutan.

Hasilnya, Timnas Israel U-20 menang 1-0 atas Uzbekistan lewat laga sengit. Gol kemenangan Israel baru tercipta di menit 90+7 lewat aksi Anan Khalaili.

Karena itu, Israel lolos ke perempatfinal Piala Dunia U-20 2023 dan akan menantang pemenang laga Brasil vs Tunisia. Kemenangan ini pun dirayakan Israel di akun Instagram resmi mereka.

“Selamat Malam. Saya tidak tahu, saya tahu saya tidak tahu,” tulis akun Instagram @isr,fa, sembari menunjukan foto para pemain dan staf Israel yang merayakan kelolosan mereka ke perempatfinal.

Namun, unggahan itu mengundang reaksi netizen yang kontra kepada Israel. Mereka kompak mengeluarkan kata Free Palestine dan menampilkan emoji bendera Palestina yang berkibar.

Diketahui bahwa memang debut israel di piala dunia u20 2023 menuai banyak kontra, seperti halnya yang beberapa lalu terjadi di indonesia yang berdampak batalnya Indonesia sebagai tuan rumah piala dunia U20 2023.(da)