Lika-liku Perjalanan Timnas Israel di Piala Dunia U20, Ditolak Indonesia Hingga Kalahkan Timnas Brazil



Gemapos.ID (Jakarta) Kisah Tim nasional Israel U2 di Piala Dunia U20 2023 cukup sensasional. Mulai dari penolakan di Indonesia sewaktu Indonesia masih berstatuskan tuan rumah Piala Dunia U20 hingga perjalanan Timnas Israel ke partai semifinal. Akan tetapi, jalan Israel ke Final pupus karena ditekuk oleh Uruguay 0-1 (9/6/23) di partai semifinal.

Kiprah timnas Israel selama turnamen Piala Dunia U20 penuh dengan performa yang gemilang. Timnas Israel pun dipandang sebagai debutan terbaik. Tak tanggung-tanggung, timnas Israel mampu menekuk salah satu favorit turnamen, timnas Brasil dalam sebuah laga yang cukup dramatis.

Dari performa timnas Israel kontra Brasil itu sudah nampak bahwa Israel memiliki mentalitas juara. Tak bisa dipungkiri, jalan Israel ke partai semifinal sudah terbangun atau juga sudah mempunyai fondasi yang cukup solid dari laga ke laga yang telah dilakonkan. 

Di balik performa timnas Israel selama turnamen, paling tidak dua kelebihan yang terpatri dalam tim Israel.

Pertama, semangat juang. Timnas Israel mempunyai semangat juang yang cukup kuat selama turnamen piala dunia U20. Perjalanan timnas Israel memang tak semulus dengan tim-tim lain yang selalu menang di babak penyisihan grup. Israel sempat mengalami kekalahan di laga perdana kontra Kolombia.

Kendati demkian, timnas Israel tak patah arang. Perlahan tetapi pasti, tim asuhan O. Haim ini mampu memanfaatkan setiap momen. Tak perlu menang besar, yang terpenting meraih poin dan lolos ke babak selanjutnya. 

Puncaknya saat Israel mengalahkan Brasil. Kemenangan itu, pada satu sisi, mengejutkan para pecinta sepak bola karena di atas kertas Brasil mempunyai beberapa keunggulan atas Israel. 

Namun, di sisi lain, timnas Israel seperti memberikan pelajaran bahwa tak boleh menganggap enteng lawan. Daya juang tim menjadi satu-satunya tolok ukur dalam meraih kemenangan. Gol di menit-menit akhir menjadi bukti bagaimana Israel berjuang hingga peluit akhir laga ditiup.

Tak pelak, para pemain Israel pun mempersembahkan kemenangan itu pada tiga tentara yang meninggal karena aksi teror di perbatasan dengan Mesir. Makanya, semangat para pemain itu juga dibaluti oleh rasa solider dan nasionalisme yang kuat. 

Timnas Israel mempunyai semangat yang terpatri kuat dalam timnya. Semangat itu sudah terbangun karena faktor pengalaman yang sudah dicicipi oleh skuad timnas Israel U20.

Dalam mana, timnas Israel lolos ke piala dunia berkat menjadi runner up kejuaran Piala Eropa U19 tahun lalu. Karena kesuksean itu, timnas Israel otomatis lolos ke piala dunia U20. Sebagian besar pemain yang dibawah oleh Pelatih O. Haim adalah mereka yang sudah bermain di kejuaraan Eropa.

Mentalitas pemenang sudah terbangun dari kompetesi sebelumnya. Ketika bermain di Piala Dunia U20, timnas Israel hanya beradaptasi dengan iklim dan tim yang berbeda, tetapi dengan berfondasi kuat pada mentalitas yang sama.

Israel mampu mematahkan prediksi banyak pihak. Israel juga mampu memberikan pelajaran bahwa kemenangan tak semata bergantung pada nama besar atau popularitas, tetapi bergantung pada kerja sama yang dipadukan dengan kerja keras tim. 

Kedua, Komposisi Skuad timnas Israel yang beragam. 

Timnas Israel memiliki karakter yang cukup unik. Keunikan itu terletak pada latar belakang pemain yang dilibatkan di Piala Dunia U20, di mana skuad timnas Israel merupakan kombinasi dari lintas keturunan.

Ada pemain berketurunan Yahudi, ada pula yang Arab, dan naturalisasi lantaran terlahir di negara lain. Latar belakang agama juga berbeda-beda. Bahkan, ada pemain yang sekular, yang mana tak memperaktikan ajaran agama tertentu.

Keberagaman ini cukup unik untuk rekam sejarah Israel. Untuk itu, timnas ini seperti menjadi cerminan baru untuk konteks Israel, dalam mana keberagamana bukanlah rintangan atau juga tantangan untuk bersatu demi kepentingan negara.(da)