Terkait Pro-Kontra Kedatangan Timnas Israel U-20 untuk Piala Dunia U-20 2023, Begini Kata Menpora Zainudin Amali

Terkait Pro-Kontra Kedatangan Timnas Israel U-20 untuk Piala Dunia U-20 2023, Begini Kata Menpora Zainudin Amali (ist)
Terkait Pro-Kontra Kedatangan Timnas Israel U-20 untuk Piala Dunia U-20 2023, Begini Kata Menpora Zainudin Amali (ist)

Gemapos.ID (Jakarta) - Menpora Zainudin Amali tanggapi pro dan kontra soal kedatangan Timnas Israel U-20 untuk Piala Dunia U20 2023. Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) mengatakan bahwa Indonesia perlu menjadi tuan rumah yang baik bagi siapa pun.

Berbagai pihak menentang kedatangan Timnas Israel U-20 atas berbagai alasan. Beberapa pihak yang telah menyampaikan keberatan di antara lain adalah BDS Indonesia, MER-C, Aqsa Working Group (AWG), dan Komite Indonesia untuk Solidaritas Dunia Islam (KISDI).

Menanggapi penolakan keras tersebut, Amali mengatakan bahwa Indonesia perlu menjadi tuan rumah yang baik. Itu artinya Indonesia siap untuk menjamu siapa pun, termasuk Timnas Israel U-20 dan jika para suporternya hadir juga.

 

“Kita harus menjadi tuan rumah yang baik dan kita harus menerima tamu siapa saja yang datang dari berbagai negara baik itu Timnasnya maupun suporternya,” ujar Menpora Amali di Senayan, Jakarta, Rabu (8/3/2023).

Sosok yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Umum PSSI tersebut juga menegaskan bahwa pemerintah mendukung sepenuhnya penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2023. Untuk penanganan keamanan Timnas Israel U-20 dan negara-negara lainnya, dia telah menyerahkannya kepada berbagai pihak yang memang ditugaskan.

Menpora Zainudin Amali mengatakan bahwa hal itu diserahkan kepada Menkopolhukam. Sedangkan pihak PSSI hanya menyiapkan Timnas Indonesia U-20 dan juga teknis pertandingan.

“Pemerintah mendukung penuh terhadap penyelenggaraan kegiatan ini. Dan ada bagian-bagian yang ditugaskan untuk menyelesaikan itu,” imbuhnya.

“Dan sekarang sudah dikomunikasikan dengan Menkopolhukam. PSSI hanya menyiapkan tim nasional dan teknis pertandingan. Pada saatnya, Menkopolhukam pasti akan menyampaikan langkah-langkahnya,” pungkasnya.