Kodam XII Tanjungpura Gelar Latihan Penanggulangan Konflik di Kubu Raya

Latihan Penyiapan Kesiapsiagaan Operasional (Latsiap LKO) yang diselenggarakan oleh Komando Daerah Militer (Kodam) XII/Tanjungpura di Halaman Kantor Bupati Kubu Raya (foto: gemapos/ antara)
Latihan Penyiapan Kesiapsiagaan Operasional (Latsiap LKO) yang diselenggarakan oleh Komando Daerah Militer (Kodam) XII/Tanjungpura di Halaman Kantor Bupati Kubu Raya (foto: gemapos/ antara)


Gemapos.ID (Jakarta)- Kodam XII Tanjungpura menggelar latihan kesiapsiagaan operasional (Latsiap LKO) penanganan konflik di halaman kantor Bupati Kubu Raya untuk meningkatkan kesiapsiagaan personel dalam menghadapi berbagai potensi ancaman dan tantangan yang mungkin terjadi di daerah itu.

"Dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan operasional serta menghadapi berbagai potensi ancaman dan tantangan yang mungkin terjadi di wilayah, Kodam XII/Tanjungpura melaksanakan Latihan Penyiapan Kesiapsiagaan Operasional (Latsiap LKO). Latihan ini merupakan bagian dari upaya untuk memastikan bahwa pasukan dan unsur-unsur terkait dalam lingkungan Kodam XII/Tanjungpura siap menghadapi situasi darurat dan tanggap dalam mengatasi berbagai kondisi," kata Pangdam XII/Tanjungpura Mayor Jenderal TNI Iwan Setiawan di Sungai Raya, Senin.

Dia menjelaskan latihan ini dilaksanakan sebagai rangkaian kegiatan rutin yang digelar oleh Kodiklat TNI AD di Kodam XII/Tanjungpura dan hal itu adalah operasi perbantuan TNI kepada pemerintah daerah dalam rangka menangani konflik sosial.

"Ini adalah wujud sinergi dari komponen yang ada di wilayah untuk mengantisipasi segala macam bentuk kemungkinan. Alhamdulillah dukungan dari bupati, kapolda, danlantamal, danlanud. semuanya bisa kita laksanakan dengan lancar dan terkendali," kata Iwan.

Pangdam berharap semua pihak dapat ikut menjaga situasi kondusif dalam menghadapi pesta demokrasi Pemilu 2024, khususnya di wilayah Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah yang menjadi tanggung jawab Kodam XII/Tanjungpura.

"Betul-betul kita jaga wilayah bersama dengan unsur forkopimda, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan tokoh adat untuk bisa menjaga suasana yang kondusif seperti sekarang ini," katanya.

Pada kesempatan sama, Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan memberikan apresiasinya atas upaya Kodam XII/Tanjungpura dalam menjaga kesiapsiagaan dan kehandalan pasukan.

Dia juga mengingatkan pentingnya kerja sama antara pemerintah daerah dan unsur-unsur pertahanan dalam menjaga stabilitas dan keamanan wilayah.

Latihan Penyiapan Kesiapsiagaan Operasional ini melibatkan berbagai unsur, termasuk personel militer, peralatan, dan kendaraan.

Berbagai skenario darurat dan simulasi situasi yang mungkin terjadi dipersiapkan untuk menguji respons dan tanggapan yang cepat dari pasukan.

Latihan ini juga memberikan kesempatan bagi personel militer untuk mengasah keterampilan dan pengetahuan dalam menghadapi berbagai kondisi yang kompleks dan dinamis.

"Dengan suksesnya Latihan Penyiapan Kesiapsiagaan Operasional ini diharapkan Kodam XII/Tanjungpura dan unsur-unsur terkait akan semakin siap dan mampu menghadapi berbagai tantangan serta menjaga stabilitas dan keamanan wilayah dalam kondisi apa pun," kata Muda.

Pada kesempatan itu, bupati berterima kasih kepada Pangdam XII/Tanjungpura dan seluruh unsur terkait lainnya.

Dia menilai latihan kesiapsiagaan akan membangun semangat dan pemahaman masyarakat, Sekaligus menjadi bahan kebijakan pemerintah daerah untuk terus memperkuat pelayanan sehingga tingkat kepuasan masyarakat juga baik.

"Dan juga penguatan-penguatan semua aspek termasuk upaya-upaya untuk membuat kolaborasi antar-umat beragama dan toleransinya itu bisa terus terjaga dan terawat," kata Muda.(ar)