Usai Bantai Thailand, Timnas Voli Indonesia Kini Jadi Tim Nomor Satu Asia Tenggara

Timnas Voli Indonesia (foto: gemapos/AVC)
Timnas Voli Indonesia (foto: gemapos/AVC)


Gemapos.ID (Jakarta) Timnas Voli Indonesia menjadi tim nomor satu Asia Tenggara dalam ranking dunia setelah mengalahkan Thailand 3-0 dalam perebutan peringkat sembilan Kejuaraan Voli Asia 2023 di Urmia, Iran, Sabtu (26/8).

Indonesia sukses menaklukkan Thailand tiga set langsung 25-21, 25-23, dan 25-21 dalam duel yang berlangsung di Urmia. Kemenangan ini membuat posisi Indonesia di ranking voli dunia semakin meningkat.

Kemenangan atas Thailand membuat Timnas Voli Indonesia saat ini menduduki posisi 55 ranking voli dunia yang dirilis FIVB. Tim asuhan Jiang Jie itu mengoleksi 61,27 poin setelah meraih 8,79 poin berkat kemenangan atas Indonesia.

Posisi itu membuat Indonesia saat ini menjadi tim terbaik di kawasan ASEAN secara ranking FIVB. Sebelumnya Timnas Voli Indonesia berada di posisi 60 dunia sebelum melawan Thailand.

Sementara Thailand terjun bebas hingga turun delapan posisi usai kekalahan dari Indonesia di Kejuaraan Voli Asia 2023.

Thailand, yang sempat berada di posisi 58 dunia sebelum laga melawan Indonesia dan posisi satu ASEAN, saat ini menduduki ranking 66 dunia dengan 44,49 poin. Thailand mendapat pengurangan poin hingga 8,79.

Bahkan Thailand disalip Vietnam dan Filipina. Vietnam, dengan 57,90 poin, kini ada di posisi 58 dunia. Sementara Filipina ada di ranking 60 FIVB dengan torehan 50,71 poin.

"Anak-anak [main] cukup bagus. Mereka penuh motivasi lawan Thailand, karena musuh bebuyutan. Di Iran kita 6 kali main. Kalah 3 kali dengan skor 2-3, dan kita menang 3 kali dengan sekali 3-1, dan dua kali 3-0. Secara peringkat kita juga ada peningkatan," kata asisten pelatih Timnas Voli Indonesia, Erwin Rusni.

Setelah tampil di Kejuaraan Voli Asia 2023, Timnas Voli Indonesia akan melakukan persiapan jelang tampil di Asian Games 2023 di Hangzhou, China, 19 September-26 September mendatang.(da)