Ribuan Personel Gabungan Jaga Ketat Peringatan HUT ke-78 RI di Istana-Monas

Sejumlah warga mendatangi Monas untuk merayakan HUT ke-78 RI, Jakarta, Kamis (17/8/2023). (gemapos/antara)
Sejumlah warga mendatangi Monas untuk merayakan HUT ke-78 RI, Jakarta, Kamis (17/8/2023). (gemapos/antara)


Gemapos.ID (Jakarta) -  Ribuan personel gabungan menjaga keamanan HUT ke-78 Republik Indonesia di sekitar Istana Negara hingga Monas, Jakarta Pusat, Kamis (17/8/2023).

"Pengamanan upacara di sekitar istana, kita siapkan 1.783 personel dari Polda Metro Jaya dan Polres Jakarta Pusat," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Polisi Komarudin saat dihubungi. di Jakarta.

Komarudin menjelaskan pihaknya telah memastikan kawasan itu aman dan bisa digunakan upacara pada beberapa hari sebelumnya.

Selain personel dari Polda Metro Jaya dan Polres Jakarta Pusat, lanjut dia, ada juga TNI yang dikerahkan sehingga total personel yang dikerahkan diperkirakan mencapai 3.000 orang.

Hingga Kamis pagi pukul 08.00 WIB, arus lalu lintas di sekitar kawasan Istana Negara dan Monas lancar.

"Alhamdulillah lancar saat ini sedang persiapan kirab dan situasi normal tidak ada pengalihan arus lalu lintas," katanya. 

Disebutkan, nantinya pukul 08.00 WIB, Jalan Medan Merdeka Utara akan dialihkan sebagai rangkaian gelaran upacara Hari Kemerdekaan.

Salah satu rangkaiannya yakni adanya kirab dengan rute dari Monas, Silang Monas Barat Daya, Jalan Medan Merdeka Barat sisi Timur, hingga Jalan Medan Merdeka Utara atau Istana Negara sebagai jalur akhir (finish).

Komarudin menyampaikan imbauannya kepada para pengunjung yang ingin merayakan Hari Kemerdekaan untuk mengikuti aturan yang berlaku mengingat ramainya antusiasme warga di lokasi.

"Kepada masyarakat yang memiliki undangan untuk menyesuaikan kode parkir di undangan, masyarakat umum ikuti arahan petugas di lapangan," katanya.

Berdasarkan akun Instagram Dinas Perhubungan DKI @dishubdkijakarta, perayaan Hari Kemerdekaan dirayakan di Silang Monas bertajuk "Gemilang Silang Monas" pukul 15.30 hingga 22.00 WIB.

Rangkaian acara mulai dari video mapping, bazar kuliner, pertunjukan seni budaya, konser musik, drama komedi hingga peluncuran kembang api.

Kegiatan Kirab Bendera Pusaka dimulai pukul 08.00 WIB sampai 09.00 WIB pada pagi hari dan pukul 16.30 WIB sampai 17.30 WIB, sedangkan pengalihan arus lalu lintas oleh petugas terkait bersifat situasional.

Dinas Perhubungan DKI menyiapkan 32 kantong parkir untuk  3.804 mobil dan 6.324 motor di sekitar Monas hingga Tanah Abang. (ft)