3.790 Personel Gabungan Diterjunkan Amankan Demo 411 di Jakarta

Dokumentasi - Polda Metro Jaya menutup Jalan Medan Merdeka dari arah Bunderan Patung Kuda menuju Harmoni dan sebaliknya dalam rangka pengamanan demo buruh di Jakarta Pusat pada Rabu (12/10/2022). (ant)
Dokumentasi - Polda Metro Jaya menutup Jalan Medan Merdeka dari arah Bunderan Patung Kuda menuju Harmoni dan sebaliknya dalam rangka pengamanan demo buruh di Jakarta Pusat pada Rabu (12/10/2022). (ant)

Gemapos.ID (Jakarta) - Pihak Polda Metro Jaya menyatakan sebanyak 3.790 personel gabungan TNI, Polri, dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersiaga mengamankan aksi unjuk rasa yang berlangsung di Jakarta pada Jumat ini.

"Personel pengamanan kami siagakan 3.790 personel," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (4/11/2022).

Zulpan mengatakan ada dua aksi unjuk rasa yang berlangsung pada Jumat ini yang pertama ada aksi demo 411 di Bundaran Patung Kuda dengan estimasi massa sebanyak 750 orang.

Sedangkan aksi unjuk rasa selanjutnya digelar oleh massa buruh di kantor Kementerian Tenaga Kerja dengan perkiraan jumlah massa mencapai 1.000 orang.

Terkait aksi tersebut, Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya telah melakukan pengalihan arus lalu lintas di kawasan Istana Kepresidenan dan Monas dalam rangka pengaman aksi demo.

"Pengalihan arus lalu lintas terkait aksi demo kelompok 411," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman saat dikonfirmasi di Jakarta, Kamis (3/11/2022).

Latif mengatakan pengalihan arus lalu lintas akan dilakukan pada Jumat (4/11) mulai pukul 10.00 WIB hingga berakhirnya aksi massa.

Masyarakat yang hendak menuju kawasan Istana dan Monas diminta untuk mencari jalan alternatif lain.

Adapun skema pengalihan arus lalu lintas di kawasan Istana Kepresidenan dan Monas untuk besok adalah sebagai berikut:

1. Arus lalu lintas secara dari arah Bundaran HI menuju Jalan Medan Merdeka Barat dialihkan ke Jalan Kebon Sirih;
2. Arus lalu lintas dari arah Kebon Sirih menuju Patung Kuda diluruskan ke arah Tugu Tani;
3. Arus lalu lintas dari arah Jalan Rudwan Rais menuju Jalan Medan Merdeka Selatan diluruskan ke Jalan Medan Merdeka Timur;
4. Arus lalu lintas dari arah Jalan Hayam Wuruk menuju Jalan Majapahit/Jalan Medan Merdeka Utara dialihkan ke Jalan Juanda atau ke Jalan Suryopranoto;
5. Arus lalu lintas dari Jalan Abdul Muis menuju Jalan Gajah Mada dialihkan ke Jalan Tanah Abang Satu;
6. Jalan Veteran I, II dan III ditutup;
7. Jalan Medan Merdeka Timur menuju Jalan Medan Merdeka Utara dialihkan ke Jalan Perwira. (ft)