Marcos Sorato Resmi Menjadi Pelatih Timnas Indonesia, Berikut Prestasinya

Marcos Sorato (foto: ig/federasifutsal.id)
Marcos Sorato (foto: ig/federasifutsal.id)


Gemapos.ID (Jakarta) Marcos Sorato resmi ditunjuk sebagai pelatih Timnas Indonesia untuk mengarungi beberapa kejuaraan. Pelatih asal Brasil diketahui bakal menjadi nahkoda untuk memimpin Timnas Indonesia Futsal.

 

Federasi Futsal Indonesia (FFI), setelah ditinggal Mohammad Hashemzadeh, nampaknya langsung mencari pengganti yang sepadan agar Timnas Indonesia Futsal tetap kuat.

Kini Marcos Sorato memimpin Timnas Futsal, sederet prestasi telah ia raih sepanjang karirnya sebagai pelatih.Sebelumnya, Sorato merupakan mantan pemain futsal profesional yang sukses berkiprah di Spanyol dan Brasil. Selama menjadi pemain, dirinya telah meraih tiga kali gelar juara liga futsal Spanyol dan satu kali juara liga futsal di Brasil. Setelah pensiun sebagai pemain pada tahun 2003, Sorato memulai karir kepelatihannya sebagai asisten pelatih di klub futsal Spanyol, Playas de Castellon, dibawah PC De Oliveira.


Prestasi Sorato semakin melejit ketika dia menjadi asisten pelatih di Timnas Brasil pada tahun 2005. Bersama tim, dia berhasil membawa Brasil meraih gelar juara Piala Dunia Futsal 2008 dan beberapa gelar lainnya. Dia juga pernah menjadi asisten pelatih di Tim Futsal Brasil U-20 dan Tim Futsal Wanita Brasil, membawa keduanya meraih prestasi gemilang.

Pada tahun 2009, setelah kepergian pelatih PC de Oliveira, Marcos Sorato mendapatkan kesempatan menjadi pelatih utama Tim Futsal Brasil. Meskipun menghadapi masa-masa sulit, Sorato berhasil meraih beberapa gelar untuk tim nasional tersebut.

Sorato juga telah meniti karir kepelatihannya di berbagai negara, termasuk Italia, Rusia, Uni Emirat Arab, dan akhirnya menetap di China sebagai pelatih klub futsal Zhuhai Ming Shi hingga tahun 2023.

Dengan pengalaman dan prestasinya yang gemilang, Sorato diharapkan dapat terus meningkatkan prestasi Timnas Futsal Indonesia yang telah dibangun dengan baik sebelumnya. Semoga kedatangannya membawa harapan baru untuk meraih prestasi lebih gemilang di masa depan.(da)