Tol Bocimi Seksi 2 Siap Diresmikan, Jakarta-Sukabumi Hanya 2,5 Jam

Tol Bocimi (foto: Gemapos/dianando)
Tol Bocimi (foto: Gemapos/dianando)


Gemapos.ID (Jakarta) PT Waskita Karya (Persero) Tbk. (WSKT) akan segera meresmikan ruas Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) Seksi II Cigombong-Cibadak pada kuartal III/2023.

SVP Corporate Secretary Waskita Karya, Ermy Puspa Yunita, mengatakan jalan tol sepanjang 11,90 km ini akan memangkas waktu tempuh perjalanan dari Jakarta ke Sukabumi selama 2 jam 30 menit.

"Sebelum hadirnya tol ini, masyarakat menempuh waktu 5 jam, harus melewati jalur kemacetan seperti Cicurug, Parungkuda dan Cibadak," kata Ermy dalam keterangan resminya, dikutip Selasa (1/8/2023). 

Adapun, ruas tol yang akan segera diresmikan terbentang sepanjang 11,90 km. Dalam pembangunannya, ruas tersebut telah menyerap dana Penyertaan Modal Negara (PMN) tahun 2021. 

Untuk diketahui, sebelumnya ruas Tol Bocimi Seksi I Ciawi-Cigombong sepanjang 15,35 kilometer telah beroperasi sejak Desember 2018 lalu.  Kemudian, Seksi 2 Cigombong-Cibadak sudah difungsionalkan saat arus mudik lebaran 15 April 2023 sampai dengan 1 Mei 2023 dan mencatatkan peningkatan lalu lintas harian rata-rata (LHR) sebesar 66,20 persen dibandingkan periode mudik tahun 2022 yaitu dengan rata-rata sekitar 38.716 kendaraan yang melintas.

Jalan Tol Bocimi juga diharapkan dapat memperlancar aktivitas industri dalam penyaluran logistik. Selain itu, kehadiran jalan tol tersebut dapat meningkatkan potensi wisata yang terdapat di wilayah Sukabumi dan sekitarnya. 

“Kehadiran Tol Bocimi juga memberikan dukungan terhadap konektivitas menuju banyak pariwisata di daerah Jawa Barat seperti Pelabuhan Ratu, Ujung Genteng, Geopark Ciletuh hingga Gunung Gede," ujarnya.

Diketahui sebelumnya, Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Trans Jabar Tol sebagai pengelola Ruas Tol Bocimi telah melakukan uji laik fungsi (ULF) dan uji layak Operasi (ULO) yang dilakukan secara penuh. 

Kegiatan ULF dan ULO tersebut meliputi uji spesifikasi terhadap teknis persyaratan dan perlengkapan jalan serta aspek keselamatan guna memenuhi standar yang telah ditetapkan untuk menunjang keamanan, keselamatan serta kenyamanan untuk para pengguna jalan.

"Waskita terus berkomitmen dalam peningkatan pelayanan kepada masyarakat dalam menghadirkan karya-karya yang berkualitas baik serta aman dan nyaman," ungkapnya.(da)