Logo Twitter Resmi Berubah, Akhir Perjalanan Burung Biru Twitter

Logo baru Twitter (foto: twitter)
Logo baru Twitter (foto: twitter)


Gemapos.ID (Jakarta) Pemilik Twitter, Elon Musk, mengumumkan akan mengganti logo media sosialnya menjadi X. Ini sekaligus menjadi akhir perjalanan logo ikonik Twitter berupa burung biru yang sudah digunakan sejak media sosial ini diluncurkan pertama kali pada 2006.

Dikutip dari New York Times, logo burung biru Twitter telah mengalami tiga kali perubahan. Pada 2006, logo burung biru dibeli dari laman iStock dengan harga 15 dollar AS. Saat itu, logo tersebut merujuk pada burung larry yang diciptakan oleh Simon Oxley.

Dalam logo itu, tampak burung itu memiliki lingkaran mata kecil berwarna putih dan seperti bertengger di dahan pohon. Saat desainnya dipilih, Oxley bahkan tak menyadari keberadaan perusahaan Twitter. Akan tetapi, logo itu hanya bertahan sampai 2009 setelah perusahaan tidak diizinkan menggunakan gambar iStock.

Salah satu pendiri Twitter, Biz Stone, kemudian menyuguhkan desain awal untuk logo burung internal pertama dengan bantuan desainer Philip Pascuzzo. Setahun kemudian, mereka membuat versi lain dari logo tersebut dengan fitur kartun yang menghilang.

Logo akhirnya disederhanakan pada 2012 oleh mantan direktur kreatif Twitter, Doug Bowman, menjadi bentuknya saat ini.

Kini, logo Twitter yang sudah melekat di hati pengguna akhirnya akan benar-benar berubah dan tak lagi menggunakan burung.

Elon Musk yang menyetujui akuisisi Twitter besar-besaran senilai 44 miliar dollar AS pada April 2022 sebenarnya telah mengisyaratkan perubahan logo sejak pengambilalihan perusahaan.

CEO Twitter Linda Yaccarino mengatakan, penggantian logo ini merupakan bagian dari rebranding dan memperkenalkan poros utama untuk platform microblogging. Menurutnya, ini akan menjadi pasar untuk barang, layanan, dan peluang yang didukung oleh kecerdasan buatan.

"Twitter membuat satu kesan besar dan mengubah cara kita berkomunikasi. Sekarang, X akan melangkah lebih jauh, mengubah alun-alun kota global," ujarnya, dikutip dari NBC News. "X akan menghubungkan kita semua dengan cara yang baru saja kita bayangkan," sambungnya. Pergeseran dari citra burung ke huruf kapital X akan menjadi perubahan besar terbaru sejak Musk membeli Twitter.(da)