Berikut Profil dan Sepak Terjang Frank Wormuth, Dirtek PSSI yang Baru

Berikut Profil dan Sepak Terjang Frank Wormuth, Dirtek PSSI yang Baru (foto: website PSSI)
Berikut Profil dan Sepak Terjang Frank Wormuth, Dirtek PSSI yang Baru (foto: website PSSI)


Gemapos.ID (Jakarta) Pelatih asal Jerman Frank Wormuth diresmikan sebagai Direktur Teknik (Dirtek) PSSI yang baru, Minggu (23/7). Berikut profil Frank Wormuth.

Penantian panjang penggemar sepak bola Indonesia mengenai siapa Dirtek PSSI baru terjawab. Di sela seleksi Timnas Indonesia U-17 jelang Piala Dunia U-17 2023, Ketua Umum PSSI Erick Thohir membuat pengumuman tersebut.

"Saya bisa umumkan hari ini, tadi malam saya sudah menandatangani (kerja sama) dengan Frank Wormuth yang akan jadi pelatih pendamping," ujar Erick Thohir dikutip dari YouTube PSSI.

"Coach Indra juga sangat menyambut untuk terus bekerja sama," ucap Erick menambahkan.

Frank Wormuth lahir di Berlin, Jerman, pada 13 September 1960. Dia adalah pelatih yang cukup berpengalaman di negaranya. Kariernya sebagai juru taktik telah dimulai pada 1999 ketika menangani klub lokal, SC Pfullendorf.

 

Sebelumnya, Frank Wormuth menjadi asisten pelatih tim Turki, Fenerbahce pada Juli 1998-Juni 1999.

Di Fenerbahce, Frank Wormuth berperan sebagai tangan kanan Joachim Low, pelatih yang mempersembahkan Piala Dunia 2014 dan Piala Konfederasi 2017 untuk Timnas Jerman.

Frank Wormuth mengawali karier di Liga Jerman bersama Offernburger FV yang tampil di kasta kelima. Pada musim 1982/1983, Wormuth menjalani karier profesional pertama usai direkrut klub Bundesliga 2 Freiburg.

Setelah tiga tahun bersama Hertha dan tampil dalam 70 pertandingan, Wormuth memutuskan berhenti sementara dari karier profesional dari 1989 hingga 1991.

Pada sisa-sisa kariernya pelatih kelahiran Jerman Barat ini menjadi pemain di klub amatir Freiburger dan Denzlingen. Antara 1993 dan 1998 dihabiskan Wormuth dengan menjadi pemain sekaligus pelatih di FV Nimburg serta FC Teningen.

Frank Wormuth benar-benar gantung sepatu pada 1998 dan memutuskan menjadi pelatih. Tugas pertama kepelatihan Wormuth adalah menjadi asisten Joachim Low di klub Turki Fenerbahce pada musim 1998/1999.

Setelah satu tahum Wormuth untuk kali pertama menjadi pelatih kepala di klub kasta keempat Liga Jerman atau Regionalliga Sud, Pfullendorf, selama dua tahun.

Wormuth kemudian melatih SSV Reutlingen, Union Berlin, hingga VfR Aalen sejak 2001 sampai 2005. Pada 2008 Wormuth jadi kepala instruktur di Asosiasi Sepak Bola Jerman (DFB).

Pelatih 62 tahun tersebut kemudian mendapatkan kesempatan melatih timnas Jerman U-20 sejak 2010 hingga 2016. Dalam kurun waktu tersebut Wormuth memimpin Jerman U-20 di Piala Dunia U-20 2015 di Australia.

Selama sepuluh tahun di Jerman U-20, Frank Wormuth mengorbitkan sejumlah pemain yang cukup sukses di level senior seperti Antonio Rudiger, Julian Brandt, Nicklas Sule, hingga Mahmoud Dahoud.

Keempat pemain itu menjalankan debut di Jerman U-20 ketika dipoles Frank Wormuth.

Dari Jerman U-20 Wormuth beranjak jadi pelatih klub Liga Belanda Heracles Almelo dan terakhir di FC Groningen.

Kini, karier Frank Wormuth berlanjut dengan menjadi Direktur Teknik PSSI baru guna mendampingi Timnas Indonesia U-17 di Piala Dunia U-17.(da)