Siapa Mertua Menpora Dito yang Beri Hadiah Tanah-Mobil Rp 162 Miliar?

Fuad Hasan Masyhur mertua menpora dito (foto: detik)
Fuad Hasan Masyhur mertua menpora dito (foto: detik)


Gemapos.ID (Jakarta) Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo menyebut aset kekayaannya sebesar Rp 162 miliar yang disampaikan dalam LHKPN merupakan pemberian mertuanya. Aset itu berupa tanah dan mobil.

Lantas, siapa mertua Dito Ariotedjo?

Istri Dito ialah Niena Kirana Riskyana. Ia merupakan putri dari Fuad Hasan Masyhur.

Fuad bukan orang sembarang. Ia adalah pengusaha sekaligus politikus. Ia adalah pendiri dan pemilik PT Menthobi Karyatama Raya Tbk (MKTR) atau Maktour.

Maktour merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa travel umrah dan haji. Maktour disebut sukses melangsungkan initial public offering (IPO) pada November 2022 dengan valuasi Rp 2,7 triliun.

Fuad juga tercatat pernah menjadi pemilik saham Bank BTPN 20 persen. Ia juga memegang saham Bumi Resource & Arutmin Coal.

Selain dikenal sebagai pengusaha, Fuad juga pernah menjadi Ketua Dewan Forum Silaturahmi Asosiasi Travel Haji dan Umrah (Forum SATHU) dan dikenal sebagai politikus senior Partai Golkar.

Kata Dito, semua aset yang berstatus hadiah yang disampaikan ke KPK bersumber dari mertuanya. "Hadiah empat aset rumah itu merupakan pemberian orang tua istri saya ke istri," kata Dito saat dikonfirmasi, Kamis (20/7).(da)