AVC Challenge Cup 2023: Head to Head Indonesia vs Thailand



Gemapos.ID (Jakarta) Indonesia akan menghadapi Thailand pada perempat final AVC Challenge Cup 2023, Kamis (13/7). Berikut head to head Indonesia vs Thailand.

Timnas Voli Indonesia tercatat enam kali bertemu Thailand dalam delapan terakhir. Hasilnya Indonesia menelan empat kekalahan dan hanya dua kali menang.

Dua kemenangan itu diukir tahun 2018. Kemenangan pertama diraih dalam ajang Lienvietpostbank Cup yang dimenangi Indonesia dengan skor 3-1.

Tren positif itu berlanjut saat tampil di playoff Asian Games 2018. Rivan Nurmulki dan kawan-kawan menang dengan skor tipis 3-2 atas Thailand.

Di luar itu, empat kekalahan harus diderita Timnas Voli Indonesia. Tim Merah Putih kalah 0-3 di semifinal SEA Games 2015 dan lagi-lagi takluk dari Thailand dengan skor 1-3 di final SEA Games 2017.

Dua pertemuan terakhir antara Indonesia vs Thailand terjadi di Kejuaraan Asia 2019. Di turnamen tersebut, Thailand dua kali mengalahkan Indonesia.

Kekalahan pertama Indonesia terjadi di fase grup dengan skor 2-3. Indonesia dan Thailand kembali bertemu dalam perebutan tempat ke-11 yang dimenangi Thailand dengan skor serupa.

Meski catatan pertemuan selama delapan tahun terakhir tidak memihak, Indonesia sejatinya punya catatan yang lebih mentereng. Ini seiring keberhasilan Timnas Voli Indonesia tiga kali jadi juara SEA Games tahun 2019, 2021, dan 2023.

Thailand ambil bagian di tiga edisi SEA Games tersebut. Namun langkah mereka selalu kandas di babak semifinal, termasuk saat disingkirkan Kamboja pada babak semifinal di SEA Games 2023.(da)