6 Juli Diperingati Sebagai Hari Ciuman Internasional, Ini Sejarahnya

6 Juli Diperingati Sebagai Hari Ciuman Internasional, Ini Sejarahnya (ist)
6 Juli Diperingati Sebagai Hari Ciuman Internasional, Ini Sejarahnya (ist)


Gemapos.ID (Jakarta) Hari ciuman Internasional, atau International Kissing Day dalam bahasa Inggris, dirayakan setiap tahunnya pada tanggal 6 Juli. Para hari tersebut, ciuman dihargai sebagai bentuk kasih sayang, ekspresi cinta, dan keintiman antara pasangan, teman, atau anggota keluarga.

Pada Hari Ciuman Internasional, orang-orang di seluruh dunia merayakannya dengan berbagai cara. 

Beberapa pasangan ada yang mengadakan kencan khusus, menghabiskan waktu bersama, dan saling memberikan ciuman dengan lebih banyak perhatian. 

Banyak orang juga seringkali menggunakan media sosial untuk membagikan cerita, foto, atau video ciuman mereka dengan menggunakan tagar (#InternationalKissingDay) untuk merayakan momen-momen keintiman mereka.

Dilansir dari National Today, sejarah Hari Ciuman Internasional berawal dari masyarakat Romawi ketika praktik berciuman ala mereka meluas di Eropa.

Mereka menggambarkan ciuman dalam tiga bentuk: oskulum (kecupan ramah di pipi), basium (ciuman penuh kasih di bibir), dan savium (ciuman paling bergairah di mulut).

Dalam masyarakat Romawi, kapan, di mana, dan bagaimana Anda mencium seseorang merupakan indikator penting status sosial.

Berbicara ciuman, tentu tidak terlepas dengan yang namanya "French Kiss". Istilah ini kemungkinan besar diciptakan oleh prajurit Amerika dan Inggris di Prancis selama Perang Dunia I.

Pada masa itu, wanita Gallic lebih terbuka untuk menggunakan teknik ciuman yang penuh gairah daripada pasangan mereka di Amerika dan Inggris.

Hari Ciuman Internasional sendiri tidak hanya tentang French Kiss dengan pasangan Anda, tetapi juga untuk mendekatkan orang secara umum. 

Gagasan utama di balik adanya perayaan hari itu adalah bahwa begitu banyak orang telah melupakan kesenangan sederhana yang diasosiasikan dengan berciuman demi berciuman, berlawanan dengan berciuman hanya sebagai formalitas sosial. 

Berciuman bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan dan merupakan ekspresi cinta dan keintiman. 

Akan tetapi, meski Hari Ciuman Internasional merupakan kesempatan untuk merayakan hubungan intim dan cinta, penting untuk selalu menghormati privasi dan batasan pribadi orang lain. 

Setiap individu memiliki preferensi dan batasan pribadi dalam hal keintiman fisik, termasuk dalam hal ciuman. 

Oleh karena itu, penting untuk selalu meminta persetujuan dan menghormati keinginan pasangan atau orang lain sebelum melakukan ciuman.(da)