Ketahui Penyebab Kendaraan Mogok di Rel Kereta Api dan Cara Mengatasinya

Ketahui Penyebab Kendaraan Mogok di Rel Kereta Api dan Cara Mengatasinya (foto: ist)
Ketahui Penyebab Kendaraan Mogok di Rel Kereta Api dan Cara Mengatasinya (foto: ist)


Gemapos.ID (Jakarta) Kejadian mengerikan kembali terjadi di perlintasan kereta api, kali ini di Madukuro, Semarang hingga menyebabkan truk trailer meledak.

Jika dilihat dari video yang beredar, sopir truk tersebut sama sekali tidak menerobos palang pintu perbatasan kereta dan murni ditabrak lantaran mendadak mogok di tengah perlintasan kereta.

Seperti yang kita ketahui, hal ini bukanlah kali pertama terjadi di sebuah perlintasan kereta api, lantas apakah penyebab kendaraan dapat tiba-tiba mogok di rel kereta api dan bagaimanakah cara mengatasinya? simak penjelasan di bawah ini.

1. Terdapat emisi elektromagnetik

Terdapat emisi elektromagnetik yang berasal dari kabel penghantar arus listrik. Kabel ini tidak kompatibel dengan mesin mobil sehingga dapat menyebabkan putaran mesin mati karena Electronic Control Unit (ECU) yang menjadi penggerak mobil berhenti bekerja, terlebih jika kereta api berada di radius 600 meter.

2. Medan magnet pada dinamo lokomotif

Penyebab lain yang menyebabkan kendaraan berhenti di rel kereta api adalah medan magnet yang disebabkan oleh dinamo lokomotif ke rel kereta api. Bahkan, medan magnet yang dihantarkan oleh dinamo lokomotif ke rel kereta dapat terjadi dalam radius satu kilometer.

3. Putaran mesin dinamo kendaraan mati

Penyebab yang satu ini disebabkan karena pengendara tidak memindahkan gigi mesin ke yang lebih rendah. Sehingga, putaran mesin dinamo kendaraan dan koil dapat tiba-tiba mati akibat faktor medan magnet yang dihantarkan oleh rel kereta api.

4. Faktor lainnya

Faktor ini bisa terjadi karena hal-hal lain seperti mesin kendaraan yang bermasalah, kendaraan yang terjebak di tengah  rel atau faktor psikis seperti pengendara panik dan ketakutan yang membuat kendaraan sulit untuk dinyalakan.

Adapun cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi kendaraan tiba-tiba mati saat melintas di tengah rel kereta api adalah sebagai berikut:

1. Tetap tenang dan jangan panik

2. Bunyikan klakson dan nyalakan starter mobil secara terus menerus. Hal ini bertujuan untuk memutus medan magnet dan rangkaian listrik sehingga mobil dapat kembali menyala.

3. Apabila kondisi makin terdesak, segeralah keluar mobil dan menjauhlah dari perlintasan kereta api.(da)