Arti 'Shalom Alaichem' yang Diucapkan Panji Gumilang

Panji Gumilang  (ist)
Panji Gumilang (ist)


Gemapos.ID (Jakarta) Kontroversi Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Zaytun menjadi sorotan. Salah satunya soal nyanyian dan salam menggunakan bahasa Ibrani, yakni Shalom aleichem.

Kemarin, Jumat (23/6/2023), pimpinan Ponpes Al-Zaytun Panji Gumilang mengucapkan salam itu saat tiba di Gedung Sate, Kota Bandung. Lantas pada arti dari Shalom aleichem?

Dalam sebuah video beredar, Panji Gumilang pimpinan Ponpes Al-Zaytun mengucapkan kalimat salam yang nampak asing berbunyi Shalom Aleichem. Akibat dua kata tersebut Panji Gumilang terpaksa berurusan dengan tim investigasi bentukan Pemprov Jabar. Pemeriksaan tersebut berlangsung hari ini, Senin (26/6/2023) di Gedung Sate, Bandung.

 

Lalu apa arti dari "Shalom Aleichem", berasal dari budaya dan agama apa salam tersebut? Berikut penjelasannya

 

Shalom Aleichem" merupakan sebuah salam dalam bahasa Ibrani yang secara harfiah berarti "Damai Untukmu."

 

Sapaan ini digunakan dalam budaya Yahudi sebagai salam yang umumnya diberikan sebagai ungkapan keinginan akan damai, kedamaian, dan kebahagiaan kepada orang lain.

 

Ungkapan ini sering digunakan dalam pertemuan atau dalam konteks keagamaan, dan diucapkan sebagai cara untuk menyapa atau mengucapkan selamat kepada seseorang.

 

Di sinagoge (tempat ibadah kaum Yahudi) "Shalom Aleichem" digunakan sebagai bagian dari tradisi menyambut kedatangan Shabbat, hari suci Yahudi. Ketika orang-orang berkumpul untuk doa dan perayaan Shabbat, mereka saling menyapa dengan mengucapkan "Shalom Aleichem" kepada satu sama lain.

 

Ungkapan ini menyampaikan harapan untuk membawa damai, kebahagiaan, dan berkat pada seluruh jemaah.(da)