Kirim Surat ke FIFA, PSSI Minta Datangkan Pierluigi Collina ke Indonesia

Pierluigi Collina (ist)
Pierluigi Collina (ist)


Gemapos.ID (Jakarta) Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengirim surat ke FIFA meminta Ketua Komite Wasit FIFA Pierluigi Collina datang ke Indonesia.

PSSI sengaja bersurat ke FIFA agar wasit-wasit Indonesia dapat masukan dari mantan wasit asal Italia tersebut. Collina merupakan wasit terbaik di eranya, dan disebut-sebut sebagai terhebat dalam sejarah.

"Saya juga sedang mendorong FIFA untuk mengirimkan wasit [Pierluigi] Collina, instruktur pelatih FIFA datang ke Indonesia untuk bertemu wasit. Biar supaya semangat," kata Erick, Kamis (22/6).

Sebelumnya PSSI telah mendatangkan mantan-mantan bintang dunia seperti Roberto Carlos dan Juan Sebastian Veron. Mereka didatangkan untuk memberi motivasi pemain-pemain muda Timnas Indonesia.

"Jangan hanya Roberto Carlos dan Juan Veron. Biar wasit juga semangat. Suratnya sudah dikirim kan pak Sekjen? Mohon untuk ditindaklanjuti kapan bisa datang ke Indonesia," ucap Erick berinteraksi dengan Sekjen PSSI Yunus Nusi.

Saat ini PSSI sedang melakukan pelatihan wasit. Sebelumnya akan diadakan seleksi wasit yang akan memimpin Liga 1 dan Liga 2 musim 2023/2024. Seleksi ini dipimpin oleh wasit asal Jepang hasil kerja sama PSSI dengan Asosiasi Sepak Bola Jepang (JFA).
Wasit asal Jepang ini didampingi delapan instruktur wasit asal Indonesia. Mereka semua bekerja keras untuk meningkat pengadil sepak bola Indonesia yang kini jadi salah satu konsentrasi PSSI.

Pada musim ini pula PSSI berencana menggunakan video assistant referee (VAR) di Liga 1. Untuk itu kualitas wasit harus diperbaiki dan ditingkatkan mutunya. Kehadiran Collina diharapkan bisa mengakselerasi hal tersebut.(da)