Ginting Bongkar Rahasia Bantai Vittinghus di Indonesia Open 2023

Anthony Ginting (ist)
Anthony Ginting (ist)


Gemapos.ID (Jakarta) Tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting, berhasil menyingkirkan wakil Denmark, Hans-Kristian Solberg Vittinghus, di babak 32 besar Indonesia Open 2023. Dia menang dengan skor 21-8, 21-10 di Istora Senayan, Jakarta, Rabu (14/06/23).

Sejak awal gim pertama, Ginting langsung menekan lawan. Hal tersebut membuat Hans-Kristian Vittinghus terlihat kesulitan untuk mengembangkan permainannya. Ginting akhirnya menyelesaikan permainan dalam tempo 31 menit. Situasi tak jauh berbeda terjadi di gim kedua. Meski sempat berikan perlawanan, Vittinghus tak bisa kejar ketertinggalan.

"Bersyukur bisa main dengan baik hari ini tanpa cedera," kata Ginting. Tadi coba buat baca permainan lawan dulu dan tak main agresif tapi dengan kesabaran, karena dia bukan pemain yang dianggap sebelah mata kita bisa lihat dari pertemuan sebelumnya," kata Ginting lagi.

"Saya berusaha lebih fokus dan dia tak bisa keluar dari tekanan jadi saya bisa ambil poin," imbuhnya. Menurut Ginting, hasil positif di babak awal Indonesia Open 2023 tidak terlepas dari performa apik di Singapore Open 2023. Pasalnya, di ajang tersebut dia berhasil meraih juara usai menang atas Anders Antonsen (Denmark).

Akan tetapi, pria asal Cimahi, Jawa Barat itu menegaskan tidak boleh terlalu lama larut dalam euforia juara Singapura Open 2023. Ia harus fokus demi asa naik podium pertama. 

"Main di sini (Istora Senayan) berbeda dibanding negara lain euforianya. tapi bisa jadi bumerang kalau gak bisa mengatur dengan baik, kalau salah sikapi bikin bumerang dan puji Tuhan bisa kontrol," jelasnya.

"Pastinya habis juara di Singapura berdampak baik buat kepercayaan diri tapi tetap harus kontrol karena euforia minggu lalu harus dibuang mulai dari nol," imbuh atlet 26 tahun itu. Dikatakan Anthony Ginting, semua tunggal putra di Indonesia Open 2023 punya kesempatan yang sama dan ingin juara. Hanya saja, perjalanan menuju ke sana bakal penuh rintangan. Untuk menjadi juara tentu tidak mudah, jadi harus fokus, persiapkan fisik, strategi dan pikiran supaya performanya bagus.

Dengan hasil ini, Anthony Sinisuka Ginting lolos ke 16 besar dan akan menantang tunggal putra India, Priyanshu Rajawat. Lawan melenggang mudah ke babak kedua turnamen BWF Super 1000 tersebut seusai lawannya, Kunlavut Vitidsarn (Thailand), mundur akibat cedera di bagian bahu.

Selain Anthony Ginting, tunggal putra Indonesia lainnya yakni Jonatan Christie melangkah ke babak kedua. Peraih medali emas Asian Games 2018 itu melaju ke 16 besar seusai mengatasi perlawanan tunggal putra Jepang, Kanta Tsuneyama, dengan skor 21-17, 21-10. Sayang langkah apik Ginting dan Jojo tidak diikuti oleh Chico Aura Dwi Wardoyo. Peraih medali perak SEA Games 2023 itu terhenti langkahnya seusai bertekuk lutut dari juara dunia 2021 asal Singapura, Loh Kean Yew, dengan skor 15-21, 21-23.(da)