Berikut Alasan Mengapa Sheikh Jassim Al-Thani Layak Jadi Pemilik Baru Manchester United

Manchester United Stadium (ist)
Manchester United Stadium (ist)


Gemapos.ID (Jakarta) Manchester United dilaporkan akan memiliki pemilik baru di tahun 2023. Salah satu kandidat kuat untuk posisi tersebut adalah sultan asal Qatar, Sheikh Jassim Al-Thani.

Manchester United sudah sekitar 19 tahun menjadi pemilik Manchester United. Namun di akhir tahun 2022 kemarin, mereka mengumumkan bahwa mereka membuka diri untuk melepaskan MU ke investor baru.

 

Ada sejumlah pihak yang dilaporkan berminat membeli Manchester United. Namun setelah proses yang cukup panjang, calon pemilik baru MU mengerucut ke dua nama, yaitu Sheikh Jassim Al-Thani dan Sir Jim Ratcliffe.

Dua sosok tajir ini sangat serius ingin membeli Manchester United. Namun dari keduanya, sosok Sheikh Jassim rasa-rasanya jadi opsi terbaik sebagai pemilik baru Manchester United.

Finansial Stabil

Alasan pertama mengapa Sheikh Jassim layak didukung untuk menjadi pemilik Manchester United karena ia memiliki finansial yang stabil.

Bankir asal Qatar itu memiliki kekayaan yang sangat besar. Forbes memperkirakan keluarga Al-Thani memiliki kekayaan sekitar 275 milyar poundsterling.

Ini membuat Sheikh Jassim tidak menjadikan MU sebagai mesin pencetak uangnya. Tidak seperti keluarga Glazer yang menjadikan MU sebagai ladang bisnis mereka dan digunakan sebagai pembayaran hutang mereka.

Berkomitmen Hapus Utang

Alasan kedua mengapa fans MU harus mendukugn Sheikh Jassim sebagai pemilik baru Setan Merah karena ia berkomitmen untuk menghapus seluruh hutang MU.

Di era Keluarga Glazer, MU dijadikan mesin untuk pembayar hutang pengusaha Amerika Serikat. Catatan keuangan MU di kuartal pertama 2023 ini mencapai angka 969,6 juta pounds.

Sejak pertama kali menawar MU di Februari 2023 kemarin, Sheikh Jassim menyatakan bahwa ia berkomitmen untuk membayar lunas semua hutang MU tersebut. Sehingga finansial Setan Merah tidak terbebani hutang lagi per musim depan.

Siap Kembangkan Tim Wanita

Alasan ketiga mengapa Sheikh Jassim adalah sosok yang tepat untuk jadi pemilik Manchester United karena ia berkomitmen untuk mengembangkan tim wanita Manchester United.

Tim wanita Manchester United belakangan ini berkembang pesat. Tim besutan Marc Skinner itu berhasil finish sebagai runner up di WSL 2022/2023 setelah pertama kali terbentuk tahun 2018 silam.

Perkembangan pesat tim wanita MU ini butuh atensi khusus dari pemilik MU agar mereka bisa lekas berprestasi. Sheikh Jassim bertekad untuk mengembangkan tim wanita MU, sementara pesaingnya, Sir Jim Ratcliffe tidak memberikan janji serupa.

Modernisasi Fasilitas

Alasan berikutnya mengapa Sheikh Jassim sangat layak untuk menjadi pemilik baru MU adalah ia juga berkomitmen untuk meng-upgrade fasilitas Manchester United.

Ketika Cristiano Ronaldo cabut dari MU, ia mengeluhkan betapa buruknya fasilitas latihan Manchester United. Ia menyebut fasilitas latihan MU tidak ada bedanya dibanding saat ia pertama kali pergi di tahun 2009 silam.

Selain itu, Old Trafford yang jadi stadion kebanggaan MU juga mulai dikeluhkan para pendukung Setan Merah. Pasalnya fasilitas di Old Trafford dinilai sudah usang dan beberapa fasilitasnya sudah rusak, termasuk kebocoran saat hujan.

Sheikh Jassim dilaporkan menganggarkan ratusan juta pounds untuk memoderinisasi Old Trafford dan AON Training Complex. Jadi ia layak untuk didukung oleh para fans MU.(da)