Ini Profil Sheikh Jassim Al-Thani Calon Pemilik Anyar Manchester United



Gemapos.ID (Jakarta) Nama Sheikh Jassim muncul sebagai calon pembeli Manchester United. Dia bahkan berani untuk membayar mahal pada Glazer Bersaudara demi mengambil alih Setan Merah. 

Sheikh Jassim adalah putra ketiga dari Perdana Menteri Qatar Sheikh Hamad bin Jassim bin Jaber Al Thani. Dia merupakan salah satu orang terkaya di Qatar.  Sheikh Jassim mengajukan tawaran melalui salah satu yayasannya, Nine Two Foundation. Dia berani untuk membeli 100 persen saham Manchester United dan memastikan tim akan benar-benar bebas dari utang. 

Sheikh Jassim berjanji akan membenahi Old Trafford, termasuk peningkatan fasilitas latihan, infrastruktur, tim sepak bola, dan lainnya.  Sebelum tertarik dengan dunia sepak bola Inggris, Sheikh Jassim merupakan didikan Akademi Militer Kerajaan di Sandhurt. Dia pun menjadi ketua bank Qatar Islamic Bank (QIB), salah satu bank terkemuka di Qatar. 

Sheikh Jassim bin Hamad Al-Thani adalah seorang bankir Qatar dan fans MU seumur hidup. Ayahnya, Hamad bin Jassim bin Jaber Al Thani, menjabat sebagai perdana menteri Qatar antara 2007 dan 2013.

Politisi tersebut juga terlibat dalam menjalankan Paris Saint-Germain, yang dapat menyebabkan konflik kepentingan antara United dan raksasa Prancis tersebut.

Penting untuk dicatat bahwa perusahaan INEOS milik Ratcliffe juga memiliki klub Prancis, Nice, dan tim Swiss, Lausanne. Tidak jelas apakah dia perlu menjual aset tersebut untuk membeli United. Kepemilikan multi-klub adalah hal biasa, tetapi UEFA melihatnya sebagai "ancaman" bagi kompetisi Eropa.

Sheikh Jassim dididik di Akademi Militer Kerajaan di Sandhurst, Inggris. Dia lulus sebagai kadet perwira dan akhirnya menjadi ketua Qatar Islamic Bank (QIB) - salah satu bank terkemuka di negara tersebut.

Sheikh Jassim masih memegang peran terakhir dan sebelumnya pernah menjadi anggota dewan Credit Suisse. Tidak jelas berapa kekayaan bersihnya, meskipun QIB menempati urutan ketiga dalam 30 perusahaan paling bernilai di Timur Tengah versi Forbes di Qatar.

Dirangkum dari media-media Inggris seperti BBC, Sky Sports, dan The Sun, Sheikh Jassim Bin Hamad Al Thani merupakan bos Qatar Islamic Bank. Sebenarnya, jumlah kekayaan pribadinya tidak banyak-banyak amat.

Sheikh Jassim diyakini punya kekayaan sebesar 1,6 miliar Pounds atau setara Rp 30 triliun. Tapi jangan salah, Sheikh Jassim adalah adalah anggota keluarga kerajaan Qatar.

Ayahnya, adalah eks Emir Qatar, Sheikh Hamad bin Khalifa bin Hamad. Usut punya usut, sang ayah mendukung Sheikh Jassim untuk membeli Manchester United.

Tak ayal, Sheikh Hamad adalah 'raja minyak' dan pernah berkuasa pada tahun 1995 hingga 2013. Sheikh Hamad pun mencintai dunia olahraga dengan salah satunya merintis bidding tuan rumah Piala Dunia 2022 yang akhirnya diselenggarakan di negaranya.

Kekayaan keluarga kerajaan Qatar ada di angka 275 miliar Pounds! Maka kalau membeli Manchester United 'cuma' seharga 6 miliar Pounds, bukanlah masalah besar.(da)