Berikut 5 Fakta Menarik Laga Man City vs Man United, Man City Siap Kalah?

Gemapos.ID (Jakarta) Fakta menarik final Piala FA 2022-2023. Sabtu (3/6/2023), laga Manchester City vs Manchester United bakal jadi suguhan utama di Wembley Stadium. Kick-off jam 21.00 WIB.

Man City punya ambisi besar musim ini, yakni mengincar treble. Pasukan Josep Guardiola sudah mengamankan yang pertama, yaitu gelar Premier League. Kini, mereka membidik yang kedua sebelum nanti turun di final Liga Champions kontra Inter Milan.

Sementara itu, bagi MU, setelah menjuarai EFL Cup/Carabao Cup musim ini, FA Cup adalah kesempatan mereka untuk meraih trofi kedua. Selain itu, tim yang finis peringkat tiga di Premier League ini juga tentu punya misi 'terselubung', yakni merusak ambisi treble sang rival sekota.

MU pernah meraih treble pada musim 1998/1999. MU pasti tidak mau prestasi tersebut disamai oleh Man City musim ini. Bicara kekuatan, Man City harus diakui saat ini berada di atas MU. Namun, bicara motivasi untuk jadi juara, MU tentu saja tidak kalah.

1. Pertemuan pertama

Tercatat, ini adalah pertemuan pertama antara Manchester City dan Manchester United di final kompetisi mayor.

Rival sekota ini belum pernah berduel berebut trofi di level top. Panggung final Piala FA kali ini bisa jadi pertemuan pertama yang ideal.

Man City unggul segala sisi, mulai dari kualitas pemain hingga taktik di lapangan. Namun, MU sebagai penantang pun tidak bisa dianggap remeh.

2. MU selalu menang

Man City memang unggul segalanya, tapi MU punya catatan impresif dalam sejarah pertemuan lawan Man City di FA Cup.

Tercatat, dua tim ini pernah enam kali bertemu dalam Piala FA, MU selalu menang dalam lima pertemuan di antaranya. Kemenangan terakhir MU ada pada tahun 2012 lalu dengan skor 3-2.

Man City hanya sekali menang atas MU dalam pertemuan di Piala FA, yaitu pada babak semifinal, musim 2010-2011.

3. Sama kuat di Wembley

Sudah menjadi tradisi sepak bola Inggris, final FA Cup akan dimainkan di Wembley Stadium, tempat yang bersejarah untuk banyak tim Inggris.

Laga ini bakal jadi pertemuan ketiga antara Man City dan MU di Wembley Stadium. Dua pertandingan sebelumnya terjadi pada tahun 2011 lalu.

Saat itu, Man City menang atas MU di semifinal Piala FA, tapi Setan Merah kemudian menang dengan skor 3-2 di Community Shield.

4. Final ke-12 untuk Man City

Ini adalah final FA Cup ke-12 dalam sejarah Man City. Mereka menorehkan catatan seimbang dengan enam kemenangan dan lima kali kalah.

Lebih dari itu, dalam empat final terakhir, Man City menang dan kalah bergantian. Mereka terakhir juara pada tahun 2019 lalu, mengalahkan Watford dengan skor telak 6-0.

5. Final ke-21 untuk Man United

MU akan bermain di final FA Cup ke-21 mereka, terbanyak dalam sejarah kompetisi, selevel dengan Arsenal.

Tercatat, Setan Merah telah meraih 12 trofi Piala FA. Salah satu torehan terbanyak di antara para juara lainnya.

Sayangnya, MU juga sudah menelan delapan kekalahan di final, jadi yang terbanyak bersama Chelsea dan Everton.(da)