Tak Ada Pemutihan, Siapa Pengganti Pratama Arhan di Final SEA Games 2023?

Pratama Arhan pemain timnas Indonesia (ist)
Pratama Arhan pemain timnas Indonesia (ist)

Gemapos.ID (Jakarta) Pratama Arhan dipastikan absen dalam laga final SEA Games 2023 antara Indonesia vs Thailand, Selasa (16/5). Siapa pengganti yang tepat bagi Pratama Arhan yang absen di Indonesia vs Thailand?

Jadwal Timnas Indonesia U-22 vs Thailand di Stadion Olimpiade Phnom Penh, Kamboja pada Selasa (16/5) malam. Pertandingan Indonesia vs Thailand di final SEA Games 2023 akan berlangsung mulai pukul 19.30 WIB.

Arhan terpaksa absen di final karena mendapat kartu merah pada babak semifinal melawan Vietnam. Pemain Tokyo Verdy tersebut diganjar kartu kuning kedua pada pertengahan babak kedua.

Ketika itu Indra Sjafri langsung melakukan pergantian pemain. Witan Sulaeman langsung ditarik keluar dan memasukan Ilham Rio Fahmi. Bek kanan Persija ini mengisi pos yang ditinggal Arhan di sisi kiri pertahanan Indonesia.

Akankah Indra Sjafri kembali memasang Rio di pos bek kiri? Bisa jadi keputusan tersebut akan diambil, tapi ada kans pula memasang pemain lainnya di salah satu pos yang bakal dieksploitasi Thailand itu.

Jika melihat daftar pemain Indonesia U-22, masih ada Haykal Al Hafiz. Pemain PSIS Semarang tersebut sudah tampil sekali di fase grup, yakni saat Indonesia melawan Kamboja.

Haykal tampil penuh selama 90 menit dan menciptakan satu peluang gol. Umpan silangnya pada babak pertama pada akhirnya berbuah gol kedua Indonesia yang dilesakkan Titan Agung.

Pilihan lainnya adalah Alfeandra Dewangga. Pemain PSIS Semarang ini multiposisi sebagai bek tengah, bek sayap, atau gelandang bertahan. Selama di SEA Games 2023 Dewangga main sebagai gelandang.

Fajar Fatur Rahman juga berpotensi tampil sebagai bek sayap. Pemain Borneo FC itu awalnya adalah seorang bek sayap. Hanya saja Fajar tidak tampil sebagai bek salama di SEA Games 2023

Pengamat sepak bola nasional Muhammad Kusnaeni menilai absennya Arhan tidak akan berpengaruh besar. Ini karena semua pemain yang dimiliki Indonesia sama baiknya secara teknik.

"Saya beranggapan level permainan Thailand dan Indonesia itu sama secara teknis. Semua pemain yang dibawa bagus, termasuk pemain yang pelapisnya Arhan itu bagus juga," kata Kusnaeni.

"Saya tidak risau Arhan absen tidak ada yang bisa menggantikan. Assist itu bisa melalui banyak proses kok. Bisa lemparan ke dalam, bisa tendangan penjuru, bisa bola mati, bisa macam-macam," ucap Kusnaeni menambahkan.(da)