Jadwal Aneh, Kamboja Bisa Tersingkir Sebelum Lawan Indonesia

timnas indonesia U22 vs Kamboja (ist)
timnas indonesia U22 vs Kamboja (ist)

Gemapos.ID (Jakarta) - Kamboja bisa dipastikan tersingkir sebelum bertanding melawan Timnas Indonesia U-22 pada laga terakhir Grup A SEA Games 2023, Rabu (10/5) malam WIB.

Timnas Indonesia U-22 dan Kamboja datang ke laga ini dengan kondisi yang berbeda.

Tim Garuda Muda yang nangkring di puncak klasemen Grup A telah memastikan lolos ke babak semifinal. Sedangkan Kamboja bergantung pada hasil yang diraih Myanmar vs Filipina untuk merebut tiket terakhir ke babak semifinal SEA Games 2023.

Myanmar saat ini menempati posisi kedua klasemen dengan koleksi enam poin. Kamboja yang membukukan empat poin berada tepat di bawah Myanmar.

Mengacu pada jadwal yang ada, Myanmar akan lebih dulu bertanding pada matchday penentuan ini. Myanmar menjajal Filipina yang telah tersingkir di Stadion Olimpiade, Phnom Penh, Rabu pukul 16.00 WIB.

Jadwal ini terbilang aneh. Biasanya pertandingan terakhir fase grup yang menentukan biasanya digelar secara bersamaan untuk menghindari kecurangan atau main mata.

Myanmar akan otomatis lolos jika mampu menang dengan skor berapapun atas Filipina. Jika ini terjadi maka Myanmar Zaw Win Thein dan kawan-kawan akan mengoleksi sembilan poin.

Jumlah poin ini tidak akan mampu lagi dikejar oleh Kamboja yang akan bertanding melawan Timnas Indonesia U-22 di stadion yang sama hanya satu jam berselang.

Kamboja tidak akan mampu mengejar perolehan poin Myanmar meski menang atas Timnas Indonesia U-22. Ini karena tim yang diarsiteki Ryo Hirose itu maksimal hanya bisa meraih tujuh poin.

Namun ceritanya akan berbeda jika Myanmar ditahan imbang Filipina. Jika itu yang terjadi, Kamboja akan otomatis lolos ke semifinal jika menang atas Timnas Indonesia U-22 karena memiliki selisih gol yang lebih baik

Kendati menempati peringkat kedua, selisih gol Myanmar justru minus dua gol. Sementara Kamboja tercatat surplus dua gol karena mencetak lima gol dan kebobolan tiga gol dari tiga laga yang telah dilakoni di Grup A SEA Games 2023.