Kenakan Baju Panji Semirang, Flairene Kenalkan Budaya Bali di SEA Games 2023

Kenakan Baju Panji Semirang, Flairene Kenalkan Budaya Bali di SEA Games 2023 (ist)
Kenakan Baju Panji Semirang, Flairene Kenalkan Budaya Bali di SEA Games 2023 (ist)

Gemapos.ID (Jakarta) - Upacara pembukaan atau opening ceremony SEA Games 2023 Kamboja digelar pada Jumat, 05 Mei 2023 malam WIB di Morodok Techo National Stadium, Phnom Penh. Kontingen Tim Indonesia mengikuti defile acara tersebut. 

Sekitar 45 perwakilan atlet, ofisial, dan tim Chef de Mission (CdM) ikut ambil bagian dalam defile upacara pembukaan. Kontingen Tim Indonesia pada saat defile dipimpin oleh CdM Lexyndo Hakim. Sedangkan pembawa bendera atau flag bearer adalah perenang Flairene Candrea Wonomiharjo. 

Dalam defile upacara pembukaan tersebut, Flairene akan mengenakan baju asal Bali yang biasa dipakai para penari Panji Semirang. Tari Panji Semirang merupakan salah satu tari tradisional yang berasal dari Bali. 

Secara umum, Tari Panji Semirang berfungsi sebagai tari pertunjukan dalam acara-acara tertentu, seperti peringatan upacara keagamaan. Flairene pun sangat senang bisa menggunakan baju adat khas Bali tersebut. 

"Tentunya saya sangat senang sekali bisa menggunakan baju adat khas Bali saat defile upacara pembukaan. Apalagi, bajunya tidak begitu ribet dan sangat nyaman untuk digunakan saat berjalan sambil mengibarkan bendera Merah - Putih," ujar peraih medali emas di SEA Games 2022 Vietnam tersebut. 

Tak hanya sekadar merepresentasikan Bali sebagai bagian dari Indonesia, tapi kehadiran Flairene menggunakan baju Panji Semirang sekaligus merepresentasikan Bali sebagai tuan rumah ANOC World Beach Games 2023 pada 5-12 Agustus mendatang. 

"Saya juga memakai baju adat Bali di defile opening ceremony SEA Games 2023 untuk mempromosikan ANOC World Beach Games 2023," ucap Flairene. 

Sebanyak lebih dari 130 negara akan tampil di 14 cabang olahraga yang akan dipertandingkan di ANOC World Beach Games 2023 Bali mendatang.(da)