Juara Bertahan Spanyol Akan Ramaikan FIBA World Cup di Jakarta

Spanyol juara FIBA world Cup 2019 (ist)
Spanyol juara FIBA world Cup 2019 (ist)

Gemapos.ID (Jakarta) - Kabar gembira datang untuk penggemar bola basket di Indonesia. Sudah dipastikan aksi sejumlah bintang NBA akan meramaikan FIBA World Cup 2023 digelar pada 25 Agustus di Jakarta. 

Dalam undian yang berlangsung di Manila pada Sabtu (29/4/2023), tim-tim unggulan berisi para pemain bintang NBA akan beraksi di Jakarta. Salah satunya yang akan tampil di Jakarta adalah Timnas Spanyol juara bertahan FIBA World Cup sekaligus juara FIBA EuroBasket 2022.

Indonesia akan menjadi tuan rumah untuk laga grup G dan H. Di dua grup ini, bercokol nama-nama besar di bola basket dunia. 

Grup G diisi juara bertahan FIBA World Cup sekaligus juara FIBA EuroBasket 2022 Spanyol. Spanyol menjuarai FIBA World Cup 2019 di Cina dengan mengalahkan Argentina 95-75 di final. 

Spanyol akan ditantang Brasil, Iran, dan Pantai Gading di Grup G. Ketua Panitia Pelaksana (LOC) FIBA Basketball World Cup 2023 Budisatrio Djiwandono menyambut gembira hasil undian ini. 

Sebab, harapan untuk menyaksikan bintang-bintang top basket dunia beraksi di Jakarta terwujud. "Semua pecinta basket pasti senang dengan hasil undian ini," ujarnya dalam keterangan resmi, Minggu (30/4/2023)

  

Pelatih Spanyol Sergio Scariolo kemungkinan akan mengandalkan kembali Ricky Rubio, point guard Cleveland Cavaliers yang menjadi MVP pada FIBA World Cup 2019. Tim peringkat pertama di FIBA ini juga bakal diperkuat dua bersaudara Guillermo Gustavo "Willy" Hernangómez (New Orleans Pelicans) dan Juancho Hernangomez (Toronto Raptors). 

Masih ada Usman Garuba (Houston Rockets) dan Santi Aldama (Grizzlies), serta bintang-bintang lokal lainnya yang bermain di Euroleague. Brasil juga bukan tim sembarangan. 

Tim peringkat 13 di FIBA ini merupakan dua kali juara dunia dan empat kali pemenang FIBA AmeriCup. Brasil tak pernah absen berlaga di World Cup. Tim ini akan mengandalkan Bruno Caboclo, power forward yang membela klub Jerman Ratiopharm Ulm, tapi memiliki rekam jejak memperkuat Toronto Raptors, Sacramento King, Memphis Grizzlies, dan Houston Rockets. 

Begitu juga dengan Pantai Gading adalah dua kali juara FIBA AfroBasket. Sementara Iran adalah tim peringkat 22 di FIBA World Ranking Men, presented by Nike, sekaligus juara Asia tiga kali.

Sementara Grup H bercokol Kanada, Prancis, Latvia, dan Lebanon. Kanada punya barisan pemain yang mentas di NBA, yakni Shai Gilgeous-Alexander, RJ Barrett, Jamal Murray, Andrew Wiggins, Kelly Olynyk, Nick Alexander-Walker, Cory Joseph, Dwight Powell, Oshae Brissett, Dillon Brooks, Khem Birch, Lugentz Dort, Shaedon Sharpe, Bennedict Mathurin, Andrew Nembhard, dan Caleb Houstan. 

Prancis punya forntcourt Evan Fournier, Nicolas Batum, dan Rudy Gobert. Masih ada Theo Maledon, Frank Ntilikina, Joel Embiid, dan pemain remaja yang digadang-gadang menjadi draft pick pertama NBA 2023 Victor Wembanyama. 

Latvia yang menjadi debutan di World Cup 2023 akan mengandalkan center Washington WIzards, Kristaps Porzingis. Sementara Lebanon berstatus runner up FIBA Asia Cup 2022 akan diperkuat point guard Wael Arakji yang menjadi MVP pada ajang tersebut.(da)