Kabar Duka Selimuti Tokoh Insan Pers Jelang Peringatan Hari Pers

Mantan Ketua Umum PWI alm. Margiono
Mantan Ketua Umum PWI alm. Margiono

Gemapos.ID (Jakarta) - Kabar duka menyelimuti tokoh insan pers jelang peringatan hari pers. Mantan Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Margiono meninggal dunia, kemarin pagi (1/2/22) di RSPP Modular, Jakarta Barat.

Kabar duka Margiono meninggal dunia, diketahui dari unggahan media sosial Twitter Wasekjen DPP Partai Demokrat Imelda Sari. Imelda menghaturkan rasa suka yang mendalam atas berpulangnya salah satu tokoh pers nasional tersebut.

"Innalillahi wa inna ilayhi rojiun, turut berduka yang dalam atas berpulangnya salah satu tokoh Pers Indonesia Mas Margiono menjelang Hari Pers Nasional 9 Februari 2022 mendatang," tulis Imelda, kemarin pagi. 

Dirinya pun berharap, Margiono mendapat tempat yang terbaik dari Allah SWT. 

Sementara itu, dari laman resmi PWI diketahui, bahwa  pria yang akrab disapa MG ini sudah terdaftar menjadi anggota sejak 25 Oktober 1993 silam. Hingga puncaknya, dia terpilih sebagai ketua umum PWI. Ketika itu, dirinya terpilih pada Kongres XXII di Banda Aceh, Juli 2008.

Selanjutnya pada tahun 2013, ia kembali dipercaya untuk memimpin organisasi pers tertua di Indonesia ini untuk periode keduanya hingga tahun 2018 kemarin. Tak hanya PWI, Direktur Utama Rakyat Merdeka ini juga pernah masuk dalam kepengurusan Dewan Pers era kepemimpinan Bagir Manan pada tahun 2010-2013 silam.

Saat itu, Margiono dipercaya untuk memimpin wakil ketua Komisi Pendanaan dan Sarana Organisasi. Selain itu, Margiono juga pernah memutuskan untuk terjun langsung ke dunia politik. Dimana, Margiono pernah mengikuti pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun 2018 sebagai calon Bupati Tulungagung Jawa Timur.(non/ra)