Apindo-Panitia May Day Sepakat Tidak Ada Demo Pada Peringatan Hari Buruh di Temanggung

Ketua DPRD Kabupaten Temanggung Yunianto
Ketua DPRD Kabupaten Temanggung Yunianto

Gemapos.ID (Jakarta) - Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) dan Panitia May Day di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, sepakat untuk tidak melakukan demonstrasi dalam peringatan Hari Buruh pada Senin (1/5), kata Ketua DPRD Kabupaten Temanggung Yunianto.

"Beberapa hari lalu, dari Apindo dan Panitia May Day Kabupaten Temanggung telah beraudiensi ke DPRD Kabupaten Temanggung dan mereka sepakat tidak ada demo dalam peringatan Hari Buruh," kata Yunianto di Temanggung, Jawa Tengah, Sabtu.

Sebagai wujud solidaritas internasional, katanya, peringatan Hari Buruh di Kabupaten Temanggung akan diisi dengan kegiatan olahraga.

Pada Sabtu dan Minggu (30/4), digelar kompetisi futsal yang diikuti sekitar 30 tim. Kemudian, Senin, dilaksanakan jalan sehat di Lapangan Nguwet, Kecamatan Kranggan, Kabupaten Temanggung.

"DPRD sangat mengapresiasi kegiatan ini. Kami akan memberikan dukungan terkait kegiatan yang akan mereka lakukan. Tidak ada orasi atau demonstrasi, ini murni kegiatan olahraga," ujarnya.

Menurut dia, panitia penyelenggara sudah menyiapkan segala sesuatu,  termasuk personel keamanan.

Dia berharap pada peringatan Hari Buruh 2023, para buruh atau pekerja, masyarakat, penyedia jasa, dan pemerintah daerah memiliki mentalitas kuat dalam menghadapi dampak global efek ekonomi, laju inflasi, dan krisis global.

Menurut Yunianto, hal tersebut harus disikapi dengan bijaksana, di mana dinamika semacam itu harus dipahami dan perlu menjemput peluang dan mencari hal alternatif, sehingga masyarakat bisa melewati terjadinya inflasi.(ap)