Warung Thower Bisa Jadi Alternatif Rest Area Pemudik di jalan Pantura Pati

Dua truk tronton tengah parkir di depan warung makan di bawah menara telekomunikasi atau "warung thower"
Dua truk tronton tengah parkir di depan warung makan di bawah menara telekomunikasi atau "warung thower"

Gemapos.ID (Jakarta) - Tempat peristirahatan atau rest area di sepanjang jalan Pantura Pati, Jawa Tengah, memang belum tersedia, namun pemudik Lebaran 2023 tidak perlu khawatir karena ada warung makan di bawah menara telekomunikasi atau "warung thower" bisa dijadikan alternatif beristirahat.

Lokasinya yang sangat strategis karena berada di tepi Jalan Pantura Juwana-Rembang kilometer 6 atau di Desa Raci, Kecamatan Batangan, Kabupaten Pati, ditambah keberadaan warung yang berada di bawah menara telekomunikasi tentunya mudah diketahui.

"Kami siap melayani pemudik Lebaran 2023 dan kami juga buka terus serta tidak ada libur meskipun saat Lebaran nanti. Tempat shalat dan mandi juga tersedia," kata Nayu, pemilik warung "thower" spesialis menyediakan menu kepala manyung di Pati, Sabtu.

Sementara lokasi parkir yang tersedia, dipastikan cukup untuk menampung hingga 10-an kendaraan pribadi lebih.

Pemudik yang ingin mencicipi masakan khas Pati, yakni kepala manyung bisa mampir ke warungnya karena baik sebelum dan sesudah Lebaran tetap buka hingga pada saat Lebaran juga buka setelah salat Idul Fitri.

Untuk harga berbagai menu masakan dan minuman, kata dia, dijamin tidak dinaikkan meskipun pengalaman sebelumnya selalu ramai pengunjung.

"Harga tetap sama dan kualitas juga tidak berbeda dengan sebelum-sebelumnya karena demi kepuasan para pelanggan," ujarnya.

Untuk satu porsi mangut kepala manyung yang ukuran kecil dijual Rp35 ribu dan yang berukuran besar dijual Rp75 ribu. Sedangkan mangut ikan pe Rp10.000/porsi, opor ayam Rp12 ribu per porsi, sayur bening Rp2.000, dan aneka pepes Rp10 ribu hingga Rp15 ribu per bungkus dan minuman Rp5.000 per gelas.

Warung thower tersebut bisa diakses pemudik baik yang dari arah Surabaya maupun dari arah Semarang. Sedangkan yang berkeinginan mencari tempat peristirahatan tanpa mengeluarkan biaya, maka bisa memilih SPBU yang tersedia di sepanjang Jalur Pantura.

Pemudik juga bisa mencoba kuliner khas Kota Pati lainnya, seperti nasi gandul dan soto kemiri yang biasanya dijajakan di kawasan Alun-alun Pati.(ra)