Kepala Dispar Konawe Selatan Ikutkan Tiga Desa Pada ADWI 2023

Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai, Tempat Wisata di Andoolo Kabupaten Konawe Selatan
Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai, Tempat Wisata di Andoolo Kabupaten Konawe Selatan

Gemapos.ID (Jakarta) - Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara (Sultra) akan mengikutkan tiga desa pada ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023, setelah tahun sebelumnya sukses meraih juara tiga kategori daya tarik pengunjung pada ADWI 2022 lalu.

Kepala Dinas Pariwisata Konawe Selatan Adiwarsa Toar dalam keterangan tertulis yang diterima di Kendari, Senin mengatakan, tiga desa untuk mengikuti ADWI 2023 dengan keunikan masing-masing yakni Desa Wisata Namu, Desa Wisata Tatangge Rawa Aopa Watumohai dan Desa Wisata Jati Bali Kecamatan Ranomeeto.

"Yang kami tampilkan pada tahun 2023 ini dan sudah didaftar yaitu Desa Wisata Namu yang manan destinasi tersebut adalah desa wisata terpadu. Kemudian Desa Wisata Tatangge Rawaaopa Watumohai disana keunikannya adalah kawasan konservasi salah satu ikon yang ada didalamnya adalah kawasan konservasi rusa, selanjutnya kita akan tampilkan Desa Budaya yaitu Desa Jati Bali," ujar Adiwarsa.

Persiapan tiga Desa Wisata ini mengikuti ADWI 2023 sejauh ini terus dimaksimalkan oleh Pemda Konawe Selatan dengan membangun sarana dan prasarana yang dibutuhkan.

Pada ADWI 2022 lalu, Kabupaten Konawe Selatan mengajukan lima desa andalan di bidang pariwisata, namun seiring bergulirnya penilaian, sisa wisata alam Air Terjun Moramo Desa Sumber Sari yang terus bertahan dari beberapa tahap penilaian dan akhirnya tampil menjadi juara tiga ADWI 2022.

ADWI 2023 yang merupakan program Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bertujuan menjadikan desa wisata Indonesia sebagai destinasi pariwisata kelas dunia dan berdaya saing tinggi, dibuka awal Maret hingga awal April 2023 dan tahapannya berjalan sampai Oktober 2023 sekaligus penilaian finalnya.(ra)