BMKG: Sebagian Wilayah di Sumatera Utara Berpotensi Hadapi Cuaca Ekstrem

Ilustrasi: Hujan lebat
Ilustrasi: Hujan lebat

Gemapos.ID (Jakarta) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat agar waspada cuaca ekstrem yang berpotensi terjadi di sebagian wilayah di Sumatera Utara pada siang dan sore hari.

Prakirawan Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan Putri Diana Tarigan di Medan, Senin, mengatakan, masyarakat diimbau untuk tetap waspada terhadap perubahan cuaca signifikan seperti hujan lebat dan angin kencang yang bersifat lokal di sebagian wilayah Sumatera Utara.

"Kondisi tersebut dapat terjadi di wilayah Pantai Barat, pegunungan, dan sebagian Lereng Timur Sumatera Utara dan dalam waktu yang singkat pada siang dan sore hari," katanya.

Secara umum cuaca pada siang dan sore hari berawan dan berpeluang hujan ringan hingga lebat di sebagian besar Sumatera Utara, terutama di Karo, Toba, Samosir, Humbang Hasundutan, Tapanuli Utara, dan sekitarnya

Malam hari, kata dia, berpeluang hujan ringan hingga lebat di sebagian besar wilayah Sumatera Utara terutama di Toba, Samosir, dan sekitarnya. Sedangkan pada dini hari berawan dan berpeluang hujan ringan di wilayah Mandailing Natal

Sementara suhu udara rata-rata 16 sampai 33 derajat Celsius, kelembapan udara 65 – 98 persen, dan angin berhembus dari Barat – Barat Laut dengan kecepatan 10 – 30 km/jam.(pu)