BMKG: Sejumlah Daerah Indonesia Berpotensi Diguyur Hujan Lebat Disertai Petir

Ilustrasi: Hujan lebat
Ilustrasi: Hujan lebat

Gemapos.ID (Jakarta) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang melanda sejumlah daerah di Indonesia pada Senin.

Berdasarkan informasi yang dihimpun ANTARA dari laman resmi BMKG di Jakarta, cuaca tersebut berpotensi terjadi di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur.

Cuaca serupa juga diprakirakan melanda Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, dan Papua.

Sedangkan wilayah yang berpotensi dilanda hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang adalah DKI Jakarta, Kalimantan Selatan, dan Maluku Utara.

Selain itu, BMKG juga memberikan peringatan gelombang sangat tinggi 4-6 meter di area Perairan Utara Sabang, Perairan Utara Natuna - Anambas, Perairan Barat Kepulauan Natuna, dan Perairan Subi - Serasan. Gelombang ekstrem setinggi 6-9 meter berpotensi terjadi di Laut Natuna Utara.

BMKG mengimbau bidang pelayaran dan masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi untuk tetap selalu waspada dan memperhatikan peringatan gelombang tersebut.

Peringatan gelombang laut tersebut berlaku mulai Senin (19/12) pukul 07.00 WIB sampai Selasa (20/12) pukul 07.00 WIB.(ap)